Puluhan Ribu Rumah Di Kota Serang Tidak Layak Huni

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Agus M Arif Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Agus M Arif

detakserang.com- SERANG, Kota Serang, Kota Serang memang identik dengan kemiskinan. Sekitar 12.000 rumah di wilayah ini diketahui tidak layak huni. Pemkot Serang hanya mampu bantu rehabilitasi 100 unit rumah per tahun.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial (DINSOS) Kota Serang Agus M Arif,Kamis (20/2), mengakui data ini kurang signifikan. Pastinya, Pemkot Serang melalui Dinsos menganggarkan Rp1 miliar per tahun sejak 2010. Anggaran ini dialokasikan untuk program Rehabilitasi Sosoal Rumah Tidak Layak Huni (RSRTLH).

Melalui program RSRTLH, katanya, Pemkot Serang memberikan bantuan kepada 100 rumah tidak layak huni. Bantuan ini berdasarkan data pengajuan rehabilitasi yang masuk ke Dinsos. Masing masing rumah tidak layak huni menerima bantuan Rp10 juta dalam material bangunan. Misalnya, semen, pasir, atau keramik.

"Ongkos perbaikan di tanggung pemilik rumah masing masing," kata Agus.

Ia juga mengungkapkan, tidak disediakan ongkos perbaikan menuntut pemilik rumah bersosialisasi dengan pemerintah sekitar seperti kelurahan dan kecamatan. Bahkan, warga sekitar untuk bersama membantu dalam proses pembangunan rumah mereka. Sebab Dinsos tidak menyediakan anggaranya. (wan)

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online