153 Hektare Sawah Terendam

153 Hektare Sawah Terendam

detakserang.com - SERANG, Akibat hujan deras yang mengguyur Kota Serang, beberapa hari lalu  merendam 153 hektare (Ha) sawah di Kecamatan Kasemen, Kota Sereang. Namun, seratusan sawah terus sebut tidak terkena puso.

"Dari total sekitar 3000 Ha sawah di Kecamatan Kasemen, 153 Ha yang terrendam. Dan itu hanya terjadi di kecamatan tersebut saja," ungkap Jojoh Nurdiyah, Kasi Produksi dan Pertanina, Dinas Pertanian (Distan) Kota Serang, yang ditemui di ruang kerjanya.

Padi yang terrendam tersebut kata Jojoh, usianya masih satu minggu sampai satu bulan setengah, dan tidak mati masih bisa diselamatkan. "Kejadian itu berada di Kelurahan Padek, Margaluyu, dan Tambak," katanya.

Ia juga menegaskan, dari total luas sawah 8334 Ha di Kota Serang, yang tersebar di enam kecamatan, hanya di Kasemen saja yang terrendam, sedangkan yang lainnya tidak ada. Dimana saat ini tengah musim tanam Oktober - Maret 2013-2014. Dan akan musim tanam lagi pada April-September. "Para petani Kasemen ini tetap melakukan musim tanam, karena pada 2013 ada pembagian buka tutup, sehingga petani 3 kali musim tanam tidak mellakukan tanam, makanya ketika ada air mereka antusian melakukan tanam, meskipun resikonya akan seperti ini," katanya.

Untuk mengantisipasi adanya sawah yang terekena puso lanjutnya, pihak Distan sendiri sudah menyiapkan binih dan puput untuk dibagikan kepada para petani. "Kita sudah anggarkan di APBD sekitar 30 ton binih padi, dan pupuku," ujarnya.

Selain itu, di pusat juga ada bantuan Cadangan Benih Nasional (CBN) dan pihak pemkot akan mengajukannya ke pusat. "Jadi kalau di anggaran APBD kurang, kita akan mengajukan bantuan ke pusat melalui CBN," tandas.
(new).

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online