Musda IV DPD KNPI Tangsel Sepi Peminat Calon Ketua

Musda IV DPD KNPI Tangsel Sepi Peminat Calon Ketua

Detaktangsel.com TANGSEL - Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP-KNPI) Kota Tangerang Selatan yang didalamnya terdapat agenda pemilihan Calon Ketua DPD-KNPI Kota Tangsel, hingga hari Ke-Empat Musda masih sepi peminatnya.

Sepinya bursa Calon Ketua DPD-KNPI yang dibuka hingga tanggal 8 mendatang tersebut, menurut Ketua GMNI Tangsel Zein Nasution, diduga akibat tingginya biaya yang perlu dipersiapkan untuk melangkah ke sana.

"Patut diduga, besarnya _cost_ politik bisa menjadikan kurangnya minat pemuda atau pemudi Tangerang Selatan yang mempunyai potensi untuk bertarung dalam memperebutkan KNPI 1 dalam Musda Ke IV," ungkap Zein.

Ketua DPC GMNI Tangsel, Zein Nasution menambahkan, dalam Keputusan RAPIMDA KNPI Tangsel, yakni hasil dari pleno kepesertaan yang disepakati oleh Pimpinan Sidang, ada hampir 100 lebih OKP yang disepakati menjadi peserta.

"Di sinilah yang sangat riskan apabila ada _cost_ politik untuk mengakomodir seluruh OKP peserta Musda, butuh berapa untuk menjadi ketua KNPI Tangsel," ungkap Zein, setengah bertanya.

Sementara, lanjut Zein, para kandidat yang akan mendaftar, dirinya juga harus mendapatkan rekomendasi dukungan tertulis dari Tiga (3) Pengurus Kecamatan (PK), serta Enam (6) rekomendasi dari Organisasi Kepemudaan (OKP) yang terhimpun serta berstatus sebagai peserta Musda DPD KNPI Kota Tangsel saat ini.

"Lalu, berapa pula _cost_ politik untuk mendapatkan rekom DPK dan OKP tersebut," ungkap Zein dengan nada tinggi.

Zein pun mencoba menelaah, bahwa pada Musda kali ini, adakah calon yang berani maju tanpa menggunakan uang ?

"Hampir semua calon pasti menggunakan isi tasnya. Maka dari itu sepi peminat untuk merebutkan KNPI 1 Tangsel,” ujarnya lagi.

Musda KNPI inilah, sebagaimana kritik yang dipaparkan Zein, yang akan kembali melahirkan pemimpin yang bisa menjadi motor penggerak pemuda di Kota Tangerang Selatan.

Padahal menurutnya, KNPI adalah organisasi yang menghimpun seluruh potensi anak muda yang ada di daerah sehingga bisa berdaya.

Olehnya itu, Zein berharap, Musda kali ini harus melahirkan calon-calon pemimpin yang memiliki integritas dan rekam jejak dan tidak mengusung berdasarkan isi tas.

"Untuk menjadikan KNPI Tangsel yang lebih menonjol, gerakan pemuda yang progresif revolusioner dan produktif," pungkasnya.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online