Cek Kebutuhan Warga Dan Relawan, Legislator Tangsel Tinjau Lokasi Banjir di Ciputat

Anggota DPRD Dapil Ciputat saat kunjungi perumahan Graha Permai Ciputat. Anggota DPRD Dapil Ciputat saat kunjungi perumahan Graha Permai Ciputat.

detaktangsel.com CIPUTAT - Anggota DPRD Kota Tangsel Dapil Ciputat, mulai turun ke lokasi terdampak banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Ciputat pada 1 Januari lalu.

Salah satu wilayah yang di kunjungi para legislator Tangsel itu, yakni perumahan Graha Permai Ciputat. Dimana, klaster yang berpenghuni hampir 1000 jiwa itu, menjadi satu dari 59 titik banjir yang ada di wilayah Ciputat.

Selain turun ke perumahan Graha Permai Ciputat, para legislator yang terdiri dari Wakil Ketua DPRD, Li Claudia Chandra, Ketua Komisi ll, Sukarya, Ketua Komisi lV Aldi Zuhri, Tb Adha, Hendra Alamsyah, Aminudin, Ari Wibawa dan Wawan Syakir Darmawan itu, juga mengecek ketersediaan logistik di Posko yang berada tak jauh dari perumahan Graha Permai Ciputat.

Wakil Ketua DPRD Kota Tangsel, Li Claudia Chandra, mengatakan, banjir di awal tahun ini sangat luar biasa, selain faktor curah hujan yang tinggi juga penataan lingkungan yang perlu ada perbaikan.

Dan hasil tinjauan banjir tersebut, politisi Partai Gerindra yang akrab disapa Alin ini menegaskan agar ke depan, pengajuan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) dalam proses pembangunan harus melalui prosedur yang benar. Sebab, banjir kali ini justru banyak terjadi di beberapa perumahan klaster.

“Penanganan Pasca Banjir menjadi fokus utama saat ini, kebersihan lingkungan mutlak harus di utamakan. Dinas Kesehatan harus fokus dalam penanganan masalah ini,” kata Alin, Rabu (8/1/2020).

Alin sebutkan, kedepan BPBD perlu melakukan pemetaan, edukasi dan sosialisasi. Pemetaan daerah-daeran mana saja yang rawan bencana banjir dan longsor.

“Lalu melakukan edukasi kepada masyarakat dalam hal penanggulangan kebencanaan. Serta terus menerus melakukan sosialisasi mengelola lingkungan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi ll DPRD Tangsel, Sukarya kemukakan, dari kunjungan yang dilakukan Anggota DPRD tersebut, pihaknya juga mendengarkan masukan dari warga dan relawan yang masih bertugas di lokasi banjir. Mulai dari kebutuhan relawan dan warga yang terdampak banjir, seperti alat-alat keberishan dan juga logistik untuk masyarakat.

“Dari sini kita juga bisa melihat bagaiaman bentuk antisipasi ke depannya. Karena saat ini curah hujan masih sangat tinggi, sehingga kita harus tetap waspada,” jelasnya.

Sukarya juga mengapresiasi gerak para relawan selama penanganan dan bantuan saat banjir terjadi kemarin. "Kami juga sangat mengapresiasi gerakan relawan, bahkan sampai sekarang relawan dari berbagai elemen masyarakat ini terus berjaga-jaga di lokasi banjir,” beber Sukarya.

Sementara itu, Camat Ciputat, Andi Patabay menyambut baik kunjungan Anggota DPRD Tangsel ke lokasi-lokasi terdampak banjir yang ada di Ciputat. Menurutnya, monitoring yang di lakukan Dewan sangat bagus lantaran banyak hal yang bisa di sampaikan langsung kepada Anggota DPRD Dapil Ciputat.

"Banyak yang kita sharing terkait solusi permasalahan banjir yang terjadi di Ciputat. Apa yang menjadi keinginan masyarakat, tadi kita sudah sampaikan semua ke dewan," tandasnya.

 

« January 2020 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31    

Cuaca

No cities match your search query

Go to top