Print this page

KPU Tangsel Akan Verifikasi Satu Per-satu Dukungan Calon Perseorangan

Anggota KPU Kota Tangsel, Achmad Mudjahid Zein Anggota KPU Kota Tangsel, Achmad Mudjahid Zein

detaktangsel.com SERPONG--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel baru saja mengumumkan pembukaan pendaftaran para Bakal Calon (Bacalon) untuk jalur perseorangan, yang akan maju di Pilkada Kota Tangsel 2020.

Dimana para Bacalon yang ingin mendaftarkan diri dari jalur per seorangan tersebut, Bacalon harus mengumpulkan dukungan sebanyak 71.143 dukungan KTP.

Anggota KPU Kota Tangsel, Achmad Mudjahid Zein mengatakan, penyerahan syarat dukungan calon perseorangan akan dimulai pada 19 hingga 23 Februari 2020.

"Hari ini sudah kita umumkan untuk pembukaan pendaftaran pencalonan jalur perseorangan. Dan penyerahan dukungannya itu mulai 19 sampai 23 Februari 2020,” kata Mudjahid kepada wartawan, Selasa (10/12/2019).

Mudjahid mengatakan, dalam penyerahan syarat dukungan tersebut tentunya seluruh syarat harus dipenuhi, agar bisa masuk ke tahap selanjutnya yaitu verifikasi faktual seluruh syarat dukungan. Sedangkan untuk verifikasi dukungan, Mudjahid mengatakan, KPU akan melakukan verifikasi satu per satu seluruh dukungan tersebut.

Tidak seperti pada Pilkada sebelumnya, dimana verifikasi faktual yang dilakukan hanya sampling dari seluruh data dukungan yang diserahkan.

“Kalau Pilkada 2020 ini kita harus periksa satu per satu. Tidak lagi sampling. Jadi kalau yang diserahkan 75 ribu dukungan, maka 75 ribu dukungan itu yang harus kita verifikasi seluruhnya,” ungkapnya.

Dengan melakukan verifikasi faktual satu per satu itu, menurut Mudjahid, akan memastikan secara valid dukungan resmi para calon yang mendaftar lewat jalur per seorangan.

"Tentunya waktu yang diberikan untuk verifikasi calon perseorangan lebih lama. Dan kita juga mengerahkan tim lebih banyak juga,” ujarnya.

Mudjahid sebutkan, jika nanti ada temuan dukungan yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS), maka calon tersebut harus diganti dua kali lipat dari dukungan yang telah dinyatakan TMS.

“Misalnya yang TMS ada 100, maka harus diperbaiki dengan menyerahkan 200 dukungan. Jadi kami minta calon yang mendaftar di jalur perseorangan harus persiapkan seluruhnya,” tandasnya.