Fraksi PSI Mulai nge-Gas, Airin Diminta Buka Data RAPBD 2020

: Fraksi PSI DPRD Tangsel saat memberikan keterangan pers kepada wartawan, Senin (11/11/2019). : Fraksi PSI DPRD Tangsel saat memberikan keterangan pers kepada wartawan, Senin (11/11/2019).

Detakbanten.com SETU--Fraksi PSI DPRD Kota Tangsel meminta Walikota Airin Rachmi Diany memberikan akses Sistim Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan (Simral). Sebab, hingga saat ini DPRD Tangsel belum menerima password username untuk masuk ke dalam aplikasi Simral tersebut.

Ketua Fraksi PSI DPRD Tangsel, Ferdiansyah mengatakan, sebelumnya Fraksi PSI telah melayangkan surat kepada walikota Airin Rachmi Diany pada Kamis, 7 Nopember 2019 lalu.

"Kita ingin mengetahui untuk masing-masing OPD rincian kegiatan dan anggaran yang sudah dibuat. Karena sebagai tugas dan fungsi legislatif, kita harus menyusun anggaran secara bersama-sama. Dan juga kita harus mengkoreksi apakah dalam penyusunan anggaran tersebut ada yang memang kurang tepat," ungkap Ferdi di ruang Fraksi PSI DPRD Tangsel, Senin (11/11/2019).

Menurutnya, Pemkot Tangsel harus bisa memberikan akses kepada publik terkait dengan keuangan daerah sesuai UU No 14 tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi publik (KIP) dan UU No 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah.

Ferdi juga sebutkan bahwa sebelum diadakan rapat badan anggaran dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) terkait pengesahan RAPBD 2020, Fraksi PSI sudah bisa mendapatkan data-data tersebut.

"Niat kami baik disini, agar anggaran-anggaran yang di pos kan di masing-masing OPD itu bisa sesuai dengan peruntukannya," ujar dia.

Dia juga akan kembali menanyakan jawaban walikota melalui surat yang di layangkan pekan lalu. Hal ini menjadi penting, jangan sampai ketika rapat badan anggaran dengan TAPD, pihaknya tidak memiliki data-data riil hingga ke tingkat komponen yang paling rendah soal peruntukan anggaran tersebut.

"Karena memang sejauh ini yang kita dapatkan dari pembahasan KUA-PPAS dan juga pengantar nota keuangan, dokumennya itu masih bersipat umum sekali. Dan tidak ada penggunaan untuk beli apa dan segala macamnya," tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Fraksi PSI DPRD Tangsel, Aji Bromokusumo memastikan bahwa fraksinya akan mengawasi setiap detail APBD 2020. Agar setiap rupiah uang rakyat tepat pada sasaran dan bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat banyak.

"Jadi jangan sampai melenceng sampai ke satu kubu tertentu. Sebagai tindaklanjutnya kami pastikan akan mengawasi setiap eksekusi pagu anggaran itu benar-benar tepat dan prosesnya berjalan transparan," singkat Aji.

« December 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31          

Cuaca

No cities match your search query

Go to top