Ke Fraksi Demokrat, Mahasiswa UMT Belajar Penyusunan Anggaran

Ketua Fraksi Demokrat, Rizki Jonis (tengah) pose bersama dengan mahasiswa UMT. Ketua Fraksi Demokrat, Rizki Jonis (tengah) pose bersama dengan mahasiswa UMT.

detaktangsel.com SETU--Kantor Fraksi Demokrat DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) di sambangi sejumlah mahasiwa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT).

Kedatangan mahasiswa tersebut, untuk belajar secara langsung soal tugas-tugas dan fungsi DPRD. Para mahasiswa itu pun diterima langsung oleh ketua Fraksi Demokrat, Rizki Jonis.

Rizki jelaskan, pihaknya sangat mengapresiasi para mahasiwa yang ingin secara langsung mengetahui bagaimana kerja-kerja wakil rakyat dan kebijakan politik yang diambil dalam kerjanya.

"Dengan begini, adik-adik kita bisa langsung tahu seperti apa kami kerja. Karena selama ini mereka hanya tahu tugas dewan secara teks book saja. Jelas banyak perbedaan dengan implementasi di lapangannya. Karena Undang-undang itu setiap tahun bisa berubah. Jadi kami sangat mengapresiasi kedatangan mahasiswa seperti ini,” kata Rizki menjelaskan kepada wartawan, Kamis (17/10/2019).

Rizki sebutkan, dalam kunjungan tersebut dirinya menjelaskan soal perencanaan dan penyusunan anggaran. Dari penjelasan tersebut, para mahasiswa dapat mengetahui secara langsung bagaiamana anggaran setiap tahun disusun Anggota DPRD.

"Kita jelaskan tadi soal mekanisme dan pembahasan serta penyusunan anggaran. Dengan begitu mereka paham betul soal kebijakan anggaran,” ujarnya.

Mengenai penyusunan anggaran tersebut, Rizki mengatakan dewan juga memiliki fungsi pengawasan terhadap anggaran tersebut. Dan fungsi pengawasan yang dilakukan adalah dengan melakukan rapat evaluasi triwulan.

“Tidak hanya menyusun anggaran saja, tetapi kita di sini juga melajukan pengawasan pelaksanaan anggaran yang telah diprogram. Pengawasanya dalam bentuk rapat evaluasi triwulan,” paparnya.

Sementara itu Fauzan, Mahasiswa UMT yang hadir dalam kunjungan tersebut mengatakan kegiatan dilakukan untuk belajar secara langsung mengenai tugas dan fungsi DPRD.

"Kami ingin tahu secara langsung dari sumbernya, dan ini juga bagian dari tugas kuliah. Alhamdulillah tadi kami bertemu langsung dengan Keua Fraksi Demokrat dan mendapatkan banyak pemahaman dari beliau,” ujar dia.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online