HKN 2018, RS IMC Bintaro Edukasi Pentingnya Kesehatan Kepada Masyarakat

Petugas medis RS IMC saat periksa pasien di aula RS IMC Bintaro. Petugas medis RS IMC saat periksa pasien di aula RS IMC Bintaro.

detaktangsel.com CIPUTAT--Rumah Sakit Ichsan Medical Center (IMC) Bintaro baru saja menggelar peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 tahun 2018 ini. Berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan, dilakukan kepada masyarakat. Salah satunya, dengan mengadakan pengobatan gratis ditengah-tengah masyarakat. Seperti di Kampung Jombang Rawalele, Ciputat, Kampung Rawa Timur dan Perumahan Pondok Pucung ll, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Sementara puncak peringatan HKN ke 54 di Aula RS IMC Bintaro, Jalan Raya Jombang Ciledug, Jumat (30/11/2018) kemarin, sedikitnya 100 warga antri mengikuti pelayanan kesehatan secara cuma-cuma. Sejumlah bidan, dokter dan dan mahasiswa Stikes IMC pun diterjunkan untuk melayani warga yang datang berobat.

Panitia penyelenggara bakti sosial pengobatan gratis, Febrina Shinta Perdani mengatakan, sejak digelarnya pengobatan gratis olah RS IMC Bintaro awal Nopember 2018 itu, jumlah warga yang berobat hampir mencapai 1000 orang.

"Nah, untuk puncaknya hari ini, jumlah warga yang datang hingga pukul 11 siang, ada 100 orang," ungkap Shinta.

Shinta jelaskan, dari jumlah warga yang berobat, rata-rata yang menjadi keluhan yakni banyaknya warga menderita tensi darah. Selain itu, ada juga warga yang menderita asam urat dan berbagai penyakit lainnya.

"Kami mencatat, dari baksos di Sejumlah titik sejak awal Nopember lalu, rata-rata pasien yang berobat mengalami tensi darah dan asam urat," tuturnya.

Shinta bilang, agar warga memahami penyakit yang diderita, pihaknya pun menekankan kepada dokter yang memeriksa warga agar menyampaikan resiko berbagai penyakit yang diderita warga jika tidak ditangani secara medis.

"Untuk peringatan hari kesehatan nasional kali ini, kita lebih mengedepankan edukasi soal penyakit kepada warga. Karena untukbsehat itu penting dilakukan oleh warga," ujar dia.

Direktur Utama RS IMC Bintaro, Vebry Haryati Lubis menjelaskan, sesuai tema HKN tahun 2018 ini, yakni 'Aku Cinta Sehat', maka masyarakat harus benar-benar menghargai nilai-nilai kesehatan yang ada.

"Jadi kami pun berusaha mengedukasi tentang kesehatan kepada masyarakat. Tujuannya agar masyarakat mengetahui kapan dia merasakan terserang sakit, dan kapan dia harus ke dokter," papar Vebry.

Diakui Vebry, meski dalam pengobatan secara cuma-cuma yang dilakukan RS IMC Bintaro tahun ini belum seluruhnya maksimal, namun pihaknya akan kembali turun ke tengah-tengah masyarakat dalam rangka mengedukasi pentingnya keaehatan.

"Bulan Desember nanti, kita sudah agendakan IMC kembali melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat," tandasnya

« December 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31            

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Scattered Clouds
27°C (27°C 24°C)

Go to top