Network

Kader Jumantik di Kecamatan Pamulang Diberi Penyuluhan

Penyuluhan  Terhadap Kader Jumantik di Kecamatan Pamulang Penyuluhan Terhadap Kader Jumantik di Kecamatan Pamulang

Detaktangsel.com  PAMULANG-Dalam mendukung Kecamatan Pamulang Bebas jentik nyamuk, kader juru pemantau jentik (jumantik) diberikan pelatihan. Pelatihan yang digelar di sejumlah kelurahan ini diberikan agar program satu rumah satu jumantik terlaksana dengan baik di Kecamatan Pamulang.

Ketua Pokjanal Kecamatan Pamulang Subekti mengatakan, pihaknya menyebarkan narasumber ke kelurahan yang ada di Kecamatan Pamulang secara bertahap. Narasumber dalam penyuluhan ini bertugas melakukan presentasi dan bimbingan secara teori tentang Gerakan 1 rumah 1 jumantik, tugas koordinator, tugas supervisor. Sesuai kisi-kisi materi pelatihan yang diberikan oleh bidang Pelatihan SDM Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Demam Berdarah Dengue (DBD) Kecamatan Pamulang.

Kemudian, Penyuluh 1 dan penyuluh 2 bersama-sama atau sendiri-sendiri membagi tugas untuk melakukan koordinasi, persiapan pelaksanaan pelatihan, kelancaran selama pelatihan, dan bimbingan secara praktek tentang memeriksa, mencari, menemukan dan membersihkan jentik DBD sesuai kisi-kisi materi pelatihan yang diberikan oleh bidang Pelatihan SDM Pokjanal DBD Kecamatan Pamulang

"Penyuluh juga memberi bimbingan kepada peserta pelatihan saat dilakukan praktek periksa, cari, temukan, bersihkan jentik DBD di rumah-rumah yang menjadi sasaran," katanya.

Menurutnya model pelatihan adalah model pelatihan bagi orang dewasa, teori, diskusi dan praktek periksa jentik di sekitar tempat pelatihan berlangsung.
Untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan pelatihan dilakukan pre test dan post test serta kepada peserta pelatihan dimintakan evaluasi atas kemampuan/penampilan narasumber dalam pelaksanaan pelatihan tersebut.

"Untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan pelatihan dilakukan pre test dan post test serta kepada peserta pelatihan dimintakan evaluasi atas kemampuan/penampilan narasumber dalam pelaksanaan pelatihan tersebut," ujarnya.

Sementara Camat Pamulang Deden Juardi berharap pelaksanaan pelatihan ini menjadi salah satu role model bagi wilayah lain dalam rangka mewujudkan Tangerang Selatan bebas jentik DBD tahun 2020. Saat ini kelurahan Benda Baru menjadi pilot project, dengan adanya Pokjanal kelurahan bebas jentik DBD bisa segera diikuti kelurahan lain. Tugas

"Pokjanal juga membuat bagaimana menurunkan angka DBD dan cikungunya. Mereka harus membuat pola seperti apa untuk mewujudkan bebas jentik namun, dengan jumlah RT/RW dan pola berbeda dari tiap kelurahan di Pamulang," terangnya.

Baca Juga : Mulai Maret 2018, Kelurahan Bambu Apus bertekad meraih wilayah kelurahan bebas jentik

« June 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Scattered Clouds
29°C (29°C 24°C)

Go to top