Print this page

Airin Resmikan Gedung UPT Puskesmas Lengkong Wetan

Peresmian Puskesmas Lengkong Wetan. Peresmian Puskesmas Lengkong Wetan. Azizah

 Detaktangsel.com SERPONG-Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus menambah sarana dan prasarana pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas). Fasilitas yang tersebar di tujuh wilayah kecamatan ini nantinya pada masing-masing wilayah terdapat puskesmas unggulan yang menyediakan pelayanan rawat inap.

 Kali ini penambahan sekaligus peresmian gedung berlangsung di UPT Puskesmas Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong yang dibangun menggunakan APBD 2015-2016. 

Terdapat unit laboratorium dan layanan kegawatdaruratan, satu analis dengan jumlah 27 pegawai. Diantaranya terdiri atas, dua orang dokter umum, satu dokter gigi, lima bidan, tiga tenaga perawat yang siap bertugas melayani masyarakat sekitar. "Insya Allah pada tiga bulan persiapan atau akhir tahun 2018 akan menjadi puskesmas rawat inap ," ungkap Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany saat peresmian Puskesmas Lengkong Wetan pada Jum'at, (29/12/2017).

Menurut Airin, pegawai di puskesmas punya kewajiban bertugas menenangkan keluarga para pasien yang berkunjung sesuai dengan standar operasional yang berlaku.

Pembangunan fasilitas Puskesmas Lengkong Wetan ini bertujuan untuk mempermudah jarak tempuh kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat sekitar.  "Mudah-mudahan ini menjadi salah satu solusi, bisa menjadikan masyaratnya lebih sehat lagi," harapnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Suhara Manullang mengatakan, pembangunan Puskesmas Lengkong Wetan merupakan menjadi bagian dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021. Sesuai dengan target rencana strategis, dari 35 puskesmas hingga sekarang sudah tersedia 29 puskesmas. "Tahun ini ada empat puskesmas yang sudah diresmikan. Dan 2018 mendatang sesuai arahan bertambah lagi lima puskesmas," katanya.

Ditambahkan Kepala UPT Puskesmas Lengkong Wetan Nurhayati, di Puskesmas tersebut menyiapkan empat dokter spesialis anak dan kebidanan. Selain itu, pihaknya pun telah mempunyai sarana penunjang medis. "Semoga dengan dibukanya puskesmas ini dapat membantu dengan pelayanan yang prima mudah, murah, cepat dan nyaman serta memberikan kualitas yang bermutu serta dapat melayani pasien dengan baik," tandasnya.