Print this page

RS Pondok Indah - Bintaro Jaya Resmi Beroperasi

RS Pondok Indah - Bintaro Jaya Resmi Beroperasi

Detaktangsel.com PONDOK AREN – Setelah melaksanakan soft launching pada beberapa bulan lalu, yang diikuti dengan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara regular, Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Bintaro Jaya akhirnya dibuka secara resmi oleh founder RSPI Group Tjiputra, Kamis (14/12/2017) di kawasan di CBD Emerald Bintaro Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan.

Dalam rilis yang diterima detaktangsel.com, detakbanten.com, dan DETAK Magazine, bahwa beroperasinya RSPI tersebut merupakan kerjasama dengan PT. Jaya Real Property, Tbk, sebagai salah satu pengembang terkemuka yang telah mengembangkan kawasan Bintaro Jaya sejak 1979.

RSPI Bintaro Jaya merupakan rumah sakit ketiga yang dibangun manajemen RSPI Group, setelah sebelumnya juga membangun Rumah Sakit (RS) Pondok Indah di kawasan elit Pondok Indah di Jakarta Selatan dan RS Pondok Indah - Puri Indah di Jakarta Barat.

RSPI Bintaro Jaya sebagaimana juga diungkapkan Tjiputra yang biasa disapa Pak Ci, dibangun dengan design layaknya hotel bintang lima yang mengesankan kemegahan dan kecanggihan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan dengan menghadirkan pelayanan dan fasilitas kesehatan yang lengkap dan nyaman bagi masyarakat yang lebih luas. Dengan beroperasinya rumah sakit ini, pihak manajemen RS Pondok Indah Group berharap mampu menjangkau masyarakat yang lebih luas, khususnya di Tangerang Selatan, untuk bisa mendapatkan pelayanan kesehatan modern dan berkualitas yang dimiliki oleh RS Pondok Indah Group.

WhatsApp Image 2017 12 14 at 19.01.05

Dipersiapkan sebagai general hospital yang menghadirkan fasilitas layanan kesehatan terpadu di berbagai unit, RS Pondok Indah – Bintaro Jaya menyediakan fasilitas yang terintegrasi seperti one stop service medical check-up, layanan maternity dan kesehatan anak, berbagai klinik rawat jalan, Orthopaedic Center, Dental Specialist Clinic, serta layanan rawat inap, termasuk unit perawatan intensif (ICU dan NICU). Lengkapnya fasilitas dan layanan kesehatan yang disajikan menjadikan RS Pondok Indah – Bintaro Jaya sebagai rumah sakit pilihan bagi seluruh anggota keluarga.

Dalam sambutannya, Chief Executive Officer RS Pondok Indah Group dr. Yanwar Hadiyanto, MARS, mengatakan, RS Pondok Indah Group menyadari bahwa layanan yang prima merupakan faktor penentu bagi masyarakat dalam memilih rumah sakit. "Untuk itu, RS Pondok Indah - Bintaro Jaya menghadirkan konsep rumah sakit yang nyaman yang didukung oleh para dokter spesialis dan sub-spesialis serta tenaga medis pendukung yang kompeten dan berpengalaman, disertai dengan fasilitas dan teknologi kesehatan modern untuk memberikan pelayanan medis prima demi pemulihan pasien secara menyeluruh," paparnya

Ditambahkan Yanwar, RSPI juga diperkuat oleh jajaran tim dokter spesialis dan sub-spesialis atau konsultan untuk menangani pasien dengan kebutuhan khusus atau keluhan kesehatan yang sangat spesifik. Selain para dokter spesialis, rumah sakit ini juga didukung oleh tenaga medis penunjang lain yang terlatih dan ahli di bidangnya.

Salah satu komitmen RSPI Bintaro Jaya sebagai penyedia layanan kesehatan adalah selalu berusaha melakukan adopsi teknologi demi penanganan pasien yang tepat, cepat, akurat, dan nyaman. Adopsi dari sisi teknologi medis beberapa di antaranya diwujudkan melalui teknologi diagnostik yang sudah menggunakan digital imaging, dan minimal invasive surgery atau tindakan pembedahan dengan sayatan minimal, sehingga rasa sakit yang dialami pasien lebih sedikit (less pain) dan waktu pemulihan akan lebih singkat (less recovery time), sehingga pasien bisa kembali beraktivitas dalam waktu lebih cepat. RS Pondok Indah – Bintaro Jaya juga dilengkapi dengan ICU dan NICU dengan teknologi terkini sehingga penanganan pasien yang membutuhkan perawatan intensif dapat dilakukan dengan baik sesegera mungkin.

Tak hanya dari sisi teknologi medis, adopsi teknologi juga dilakukan di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya pada sisi teknologi informasi rumah sakit. Sebagai rumah sakit digital, RS Pondok Indah Group mengintegrasikan semua layanan di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, termasuk laboratorium, radiologi, dan farmasi, sehingga dapat diakses secara digital melalui rekam medis elektronik (electronic medical records, EMR). Dengan terintegrasinya semua layanan ini, penanganan pasien menjadi lebih cepat, tepat, dan berkesinambungan. Sistem ini juga terintegrasi dengan RS Pondok Indah lainnya, sehingga catatan rekam medis pasien di rumah sakit sebelumnya juga dapat diakses di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya bila dibutuhkan.

RSPI dirancang oleh Silver Thomas Hanley, konsultan arsitektur yang berpusat di Melbourne, Australia dan memiliki spesialisasi dalam pembangunan infrastruktur kesehatan, RS Pondok Indah - Bintaro Jaya terdiri dari tujuh lantai dengan luas lahan 12.600 meter persegi dan luas bangunan 34.000 meter persegi yang menawarkan nuansa green dan homey. Konsep ini dipilih untuk membuat pasien merasa nyaman meskipun sedang berada di rumah sakit, dan diharapkan dapat mendukung proses pemulihan pasien, sesuai dengan konsep 'getting better starts from feeling better'.

"Semua konsultan pembangunan lainnya termasuk interior, landscape, mechanical engineering, dan lainnya adalah buah karya putra-putri bangsa Indonesia yang berpengalaman dalam desain dan perencanaan rumah sakit. Seluruh area dan ruangan di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya disempurnakan dengan karya seni anak bangsa yang tersebar di lobi, poliklinik, dan ruang rawat inap. Semua ini diharapkan dapat menciptakan healing environment yang dapat membantu proses penyembuhan pasien," ujar Presiden Direktur RS Pondok Indah Group, Ir. Anna Subagdja.

Beroperasinya rumah sakit ketiga yang dilengkapi dengan teknologi medis serta sistem informasi digital merupakan wujud komitmen RS Pondok Indah Group untuk selalu berupaya menghadirkan layanan terdepan bagi masyarakat yang lebih luas.