Print this page

Simulasi Pandemi Influenza di Kota Tangsel

Simulasi Pandemi Influenza di Kota Tangsel

detaktangsel.com SERPONG-Kota Tangsel masuk dalam simulasi penanganan pandemi influenza nasional. Ini diketahu setelah, Kementerian Kesehatan menggelar rapat penyusunan kontijensi kesiapsiagaan pandemi influenza.

Kasubdit Inpeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) pada Kemenkes Christina Widaningrum mengatakan, penyakit ISPA sering ditemui dan dikenal di lingkungan. Penyakit ini masuk dalam 10 besar penyakit di Puskesmas. "Simulasi pengendalian pandemi influenza ke kota-kota dimana Kota Tangsel termasuk diantaranya," katanya pada Senin, (5/6/2017).

Menurut Christina salah satu prioritas Kemenkes dalam pengendalian ISPA adalah penyakit Pneumonia pada usia balita dimana penyakit pneumoni merupakan penyakit mematikan nomor dua setelah diare. "Penyakit pneumonia tersebut berawal dari gejala Influenza. Oleh karena itu, Kemenkes berkomitmen berkerjasama dengan jajaran OPD di lingkup Pemerintah Kota Tangsel dapat bersama-sama melakukan pencegahan dan pengendalian Pandemi Influenza untuk menekan dan membasmi penyakit ispa," terangnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany menyambut positif upaya yang dilakukan Kemenkes dalam melakukan pencegahan dan pengendalian terhadap Pandemi Influenza.

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting bagi kita khususnya jajaran OPD dalam hal upaya pencegahan dan pengendalian apabila penyakit tersebut mewabah. "Saya berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dalam rangka meningkatkan bidang kesehatan di Kota Tangsel," tandasnya.