Print this page

Bang Ben Mengajak Rumah Sakit Tekan AKI dan AKB dengan P4K

Kegiatan Program P4K yang digelar Dinas Kesehatan Kota Tangsel. Kegiatan Program P4K yang digelar Dinas Kesehatan Kota Tangsel. Humas Pemkot Tangsel

detaktangsel.com SERPONG – Dalam rangka menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Balita (AKB), Pemkot Tangsel melalui Dinas Kesehatan selalu berupaya dalam berbagai program kesehatan.

Salah satunya dengan mengadakan Pertemuan Orientasi Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) dengan Perwakilan Rumah Sakit se Kota Tangsel di Serpong pada Rabu (8/3/2017).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Kota Tangsel Iin Sofiawati mengatakan program P4K merupakan program terobosan yang paling efektif dalam menekan angka kematian ibu dan balita. Program ini diupayakan agar ibu hamil dapat memeriksakan kehamilannya ke bidan atau rumah sakit serta meningkatkan pengetahuan ibu hamil,suami, dan keluarga tentang semua resiko kehamilan dan bahaya persalinan. "adanya program P4K ini adalah ibu hamil, suami, keluarga dan tetangga terdekat dapat mengetahui tentang semua resiko kehamilan dan persalinan dan pengetahuan tentang perencanaan persalinan." katanya.

Menurutnya program P4K dengan pemberian stiker merupakan instrument yang efektif dalam mencapai sasaran terkait dengan penurunan angka kematian ibu yang telah terintegrasi sebagai salah satu kegiatan dari desa dan kelurahan siaga, sehingga tujuan umum P4K ini adalah meningkatkan mutu pelayanan bagi ibu hamil dan bayi dan baru lahir melalui peran aktif keluarga dan masyarakat dalam perencanaan persalinan yang aman hingga melahirkan bayi yang sehat. "Dengan adanya kegiatan hari ini dapat meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan bayi yang baru lahir melalui peran aktif keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan dan persiapan menghadapi komplikasi dan tanda bahaya bagi ibu sehingga dapat melahirkan bayi yang sehat," terangnya.

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie menuturkan Program P4K merupakan bentuk peran serta aktif keluarga dan masyarakat dalam bidang kesehatan ibu dan anak (KIA). "P4K ini merupakan instrument efektif dalam bidang kesehatan ibu dan anak melalui peran aktif ibu dan keluarga." ucap Bang Ben.

Bang Ben menjelaskan bahwa program P4K dengan stiker dan buku KIA sudah digunakan di 34 provinsi. "Saat ini buku KIA dan penggunaan stiker perencanaan P4K sudah dipakai 34 provinsi dan sudah dikenal luas oleh petugas kesehatan" ujarnya.