FKS Kota Tangsel, Mewujudkan Sumbangsih Masyarakat Berbudaya Hidup Sehat

Tim Forum Kota Sehat Tangsel di pimpin H Koswara, foto bersama dengan teamnya Tim Forum Kota Sehat Tangsel di pimpin H Koswara, foto bersama dengan teamnya

detaktangsel.com  KESEHATAN – Keberadaan Forum Kota Sehat (FKS) yang dibentuk dengan dasar hukum Penyelenggaran Kab / Kota Sehat sesuai Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan, UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, UU Nomor 25 Tahun 2004 Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 dan Nomor 1138/MENKES/ PB/VIII/2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat, serta Peraturan Daerah (Perda) .

FKS bertujuan mewujudkan suatu kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Tercapainya kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat untuk bekerja dan berkarya bagi warganya dengan terlaksananya berbagai program pembangunan berwawasan kesehatan, sehingga dapat maningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakat

Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat dilakukan melalui berbagai kegiatan dengan memberdayakan masyarakat yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten/Kota. Untuk mewujudkannya dilaksanakan melalui "FORUM" atau dengan memfungsikan lembaga masyarakat yang ada. Forum tersebut disebut "FORUM KABUPATEN/KOTA SEHAT" atau sebutan lain yang serupa sampai tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan.

Sasaran kegiatan Program Kabupaten/Kota Sehat yang sesuai dengan potensi dan permasalahan pada masing-masing Kecamatan di Kabupaten/Kota. Kondisi wilayah tertentu dimaksud adalah terciptanya Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat bagi pekerja dan masyarakat di kawasan tersebut dengan mengoptimalkan potensi masyarakat dan pekerja, melalui pemberdayaan pelaku pembangunan yang terkait, difasilitasi oleh sektor terkait dan sinkron dengan perencanaan wilayah.

Sasaran wilayah terkecil adalah kawasan Kelurahan Kelurahan Sehat, yakni suatu upaya untuk menyehatkan kondisi Kerurahan yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni warganya dengan mengoptimalkan potensi masyarakat , melalui pemberdayaan kelompok kerja masyarakat , difasilitasi oleh sektor terkait dan sinkron dengan perencanaan wilayah.
FKS adalah wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dan berpatisipasi turut menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan wilayahnya yang mengintegrasikan berbagai aspek sehingga dapat mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni oleh warganya.

Untuk mendukung kinerja forum, dibentuk "Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat" untuk menyelaraskan kebutuhan masyarakat sesuai dengan arah pembangunan daerah, yang dikoordinasikan oleh Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda), dengan anggota dari instansi terkait yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati/Walikota.

Ketua harian Forum Kota Sehat (FKS) Kota Tangerang Selatan HR Koswara dalam kesempatan wawancara khusus dengan detaktangsel.com di Sekretariat FKS Kota Tangsel, Kawasan Gedung Bappeda Kota Tangsel, Cilenggang Kecamatan Serpong, Selasa (24/3/2015) mengungkapkan, bahwa FKS di Kota Tangerang Selatan, dibentuk berdasarkan SK Walikota dengan keanggotaan minimal tujuh orang di tingkat kecamatan dan minimal 12 orang di tingkat kelurahan.

Visi – Misi FKS Kota Tangsel dimaksudkan untuk membantu Pemerintah Kota Tangsel dalam mewujudkan Kota yang nyaman, aman, yang mempunyai masyarakat yang berpola hidup sehat.

"Target keberadaan Forum Kota Sehat Kota Tangsel adalah untuk mencoba membantu Pemkot Tangsel dalam menciptakan Kota yang nyaman, aman, dan memberikan sumbangsih bagi Tangsel dan masyarakat untuk berbudaya hidup sehat, menjadikan dirinya (keluarga/masyarakat) dan lingkungannya sehat serta asri," ungkap H Koswara.

Menurut H Koswara, FKS hanya memberikan arahan-arahan masyarakat, disamping menata dan merapihkan kelengkapan adminstrasi kelembagaan dan tatanan-tatanan lain yang mesti dirapihkan, seperti mewujudkan kehidupan masyarakat sehat dan mandiri melalui kelembagaan tingkat Kota, tingkat Kecamatan, hingga Kelompok Kerja (Pokja) tingkat Kelurahan yang dibalut dalam Forum Komunikasi Kelurahan Sehat.

Ketua Harian FKS Kota Tangsel menambahkan, pada bulan April mendatang akan ada verifikasi "Swastisaba Pemula" dari tingkat nasional. Dalam penilaian FKS tersebut, menurut H Koswara, yang dinilai bukan pada hasil akhirnya, tetapi pada proses dan progress-nya. "Swastisaba Pemula Kota Tangsel tingkat Provinsi Banten sudah dapat, dan kita sedang mempersiapkan ke tingkat nasional," pungkasnya.

« December 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31            

Cuaca

Jakarta, Indonesia
JSN_PAGEBUILDER_ELEMENT_WEATHER_HAZE
27.7°C (31°C 24°C)

Go to top