>

Saat Influenza Mengancam, Berikut Adalah Hal-hal Yang Harus Anda Lakukan

Ilustrasi Ilustrasi

detaktangsel.com KESEHATAN - Musim pancaroba, demikian orang sering menyebut masa peralihan ini biasanya ditandai denga timbulnya berbagai jenis penyakit, baik orang tua dan terutama pada anak-anak yang daya tahan tubuhnya kurang.

Hal ini dikarenakan perubahan suhu udara yang sebelumnya panas tiba-tiba menjadi dingin dan lembab. Salah satu penyakit yang mudah menyerang saat musim seperti ini adalah influenza. Untuk itu, tips berikut dapat membantu agar terhindar dari influenza :

1. Berhati-hatilah dengan teman yang terlihat terkena gejala flu. Untuk sementara anda harus menjaga jarak sekitar 1 m, agar tidak tertular.

2. Ketika beraktivitas, secara tidak langsung tangan anda akan memegang banyak barang yang mengandung banyak kuman. Jaga kebersihan dengan selalu mencuci kedua tangan dengan menggunakan sabun.

3. Jaga kebersihan kamar, serta sirkulasi udaranya. Biasakan di pagi hari, anda membuka jendela lebar-lebar untuk membiarkan masuknya udara bersih dan segar.

4. Jaga pola makan, dan ubah gaya hidup yang tidak sehat. Jangan sok diet dan mengurangi makan untuk saat ini, karena bisa membuat daya tahan tubuh menjadi berkurang.

Jika anda sudah terjangkit penyakit influenza, jangan menulari orang lain. Lakukan hal berikut :

1. Beristirahat di rumah, dan jauhkan diri dari keramaian. Apabila anda harus bertemu dengan orang lain, maka jaga jarak minimal 1 m.

2. Gunakan masker ketika bepergian. Tapi, yang harus anda perhatikan adalah hindari menyentuh masker. Selain itu, jangan menggunakan masker yang sama sesering mungkin. Gantilah minimal 1 hari sekali.

3. Ketika batuk atau bersin, tutup hidung dan mulut menggunakan tisu. Segera buang tisu tersebut dan cuci tanganmu segera!

4. Perhatikan kebersihan tempat tinggal, dan sirkulasi udaranya. Tempat tinggal yang bersih dengan sirkulasi udara yang nyaman akan membuat tempat tinggal anda menjadi lebih sehat.

5. Makan makanan yang sehat dan hangat. Semangkuk sup hangat yang lezat tentu akan mampu membuat tubuh menjadi lebih kuat.

Sumber: Dokter Sehat

« May 2020 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31

Cuaca

No cities match your search query

Go to top