Manajemen RS Jantung Diagram (RSJD) Cinere, Gelar Simulasi Penanganan Bencana Kebakaran

detaktangsel.com CINERE, KOTA DEPOK - Bencana datang tanpa diduga, bahkan tidak pernah juga dikehendaki terjadi. Namun demikian, penanganan bencana apa pun wajib kita fahami dan bisa dilakukan, meskipun dalam skala dasar, yakni penanganan dini. Demikian pula halnya dalam penanganan bencana kebakaran. Kepanikan dan ketidakmengertian dalam penanganan dini seringkali menjadi pemicu kebakaran semakin membesar dan si jago merah pun meluluh-lantakkan semua yang ada didekatnya. Bahkan, bukan tidak mungkin korban pun tidak sekadar harta benda, tetapi juga nyawa manusia.

Adalah manajemen Rumah Sakit Jantung Diagram (RSJD) Cinere menjadi salahsatu pihak yang peduli akan bahaya dari bencana kebakaran tersebut. Karenanya, pihak manajemen RSJD bersama Ketua K3 RSJD Jajang Kurnia, serta pihak terkait, yakni perwakilan Kepolisian Sektor (Polsek) Limo, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok, Bintara Pembina Desa (Babinsa), Koramil 07, perwakilan Brimob Kelapa Dua, dan jajaran Polisi Militer Angkatan Laut (POMAL).

Direktur RSJD dr. Hoyi Siantoresmi, MARS dalam sambutan pembukaan gelar simulasi penanganan bencana kebakaran di RSJD mengatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan bagian dari program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang ada di RSJD, guna meningkatkan kesiapan pihak-pihak terkait, terutama karyawan yang berada di Rumah Sakit, pasien, dan lingkungannya terhadap bencana kebakaran.

Rumah Sakit Jantung Diagram

"Program K3 ini merupakan program tahunan dan nantinya akan dilaksanakan setahun sekali sebagai kelengkapan prasyarat operasional rumah sakit dan salahsatu program yang harus diadakan berkaitan dengan standar akreditasi rumah sakit yang harus kami patuhi di salahsatu Pokjanya," ungkap dokter Hoyi.

Direktur RSJD menambahkan, persiapan simulasi penanganan bencana kebakaran sudah dipersiapkan oleh Komite K3 RSJD pada beberapa bulan lalu, bahkan di hari Sabtu dan Minggu. Dalam kesempatan tersebut, dr Hoyi juga menegaskan, meskipun bencana kebakaran bukanlah sesuatu yang diharapkan, namun dalam kegiatan simulasi penanganan bencana kebakaran tersebut dilakukan dengan serius oleh semua pihak. "Jadi, tidak ada alasan hanya menonton dan observasi," tegasnya, tanpa melupakan apresiasinya terhadap pimpinan, sejawat, dan segenap karyawan RSJD.

rsjd 1

« April 2020 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      

Cuaca

No cities match your search query

Go to top