Distan Lebak Fokus Sosialisasi Peptisida Nabati

Rieyan Dermawan Rieyan Dermawan

detakserang.com- LEBAK, Memasuki musim kemarau diprediksi jumlah populasi hama lebih meningkat dan dipastikan akan menyerang pada lahan pertanian khususnya tumbuhan padi yang ada di Kabupaten Lebak. Hal tersebut disampaikan Kasie Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian Kabupaten Lebak Rieyan Dermawan, Kamis (27/3).

Ia mengatakan, pihaknya sedang gencar mencari solusi untuk membrantas hama tersebut. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi peptisida nabati.

"Peptisida nabati dibuat dari daun mindi dan bisa dipergunakan untuk obat pembunuh hama sebagai pengganti peptisida kimia," ungkap Kasie muda tersebut.

Peptisida tersebut, sambung dia, bisa mudah dibuat dengan bahan baku yang mudah dicari sekaligus tidak terlalu menimbulkan efek kimiawi terhadap tanaman yang disemprotkan peptisida tersebut. Daun mindi diperas dan airnya dipermentasikan dulu satu hari satu malam dengan memberikan sedikit campuran deterjen lalu bisa langsung digunakan.

Ditambahkannya, untuk wilayah dengan persentase populasi hama terbesar yaitu di Kecamatan Wanasalam dengan jenis hama wereng coklat yang bisa cepat membunuh tumbuhan. Hama tersebut menghisap saripati tumbuhan yang dapat mengakibatkan tumbuhan menjadi layu dan mati.

Pada dasarnya, kata dia, peptisida kimia dan nabati sama- sama bermanfaat. Alangkah baiknya jika para petani menggunakan jenis alami yang tidak memiliki efek kimia. (Gus/nov)

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online