Network

Mahasiswa Menduga Dana PPA PKH Lebak Disunat

Abu Sofyan Hamzali Abu Sofyan Hamzali

detakserang.com - Lebak, Ironis memang, sebagai instansi pengayom masyarakat miskin, Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Dan Sosial (Disnakertransos) Kabupaten Lebak diduga malah berupaya mengakali anak anak peserta program PPA PKH 2014 di Lebak untuk memperkaya diri dalam program yang dilaksanakan baru-baru ini.

"Kami mengecam adanya dugaan pemotongan dana kesehatan, pendidikan, sepatu dan seragam sekolah serta dana penyewaan shelter pada program PPA PKH," Ungkap Abu Sofyan Hamzali Ketua Umum Keluarga Besar Mahasiswa Cimarga (KBMC), Kamis (28/8).

Dijelaskan Abu, Sampai saat ini anak anak yang mengikuti program tersebut yang telah dijanjikan akan mendapat peralatan sekolah tidak mendapatkan apa apa, padahal mereka sangat membutuhkan seragam maupun alat keperluan sekolah, menurut informasi pihak Dinas tidak hanya mendapatkan dana pemerintah, akan tetapi Lanjut dia, Pihak Dinas melakukan kerjasama dengan pabrik semen PT. Gama dan PTPN VIII kebun cisalak baru.

"Menurut informasi dari pendamping, hal tersebut dinilai tidak transparan berapa dana yang diberikan oleh instansi tersebut," Ujar Abu Sofyan Hamzali.

Bukankah pemerintah dalam memberikan bantuan itu papar Abu, Sebagai hak anak anak tersebut. " Hak anak anak yang mengikuti program telah ditetapkan pemerintah harus diterima secara utuh dan tidak diperbolehkan satu rupiah pun dari hak-hak mereka itu dipotong dengan alasan apapun," Ujar Abu.

Dirinya menegaskan, pihaknya mendesak aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas dugaan penyelewengan tersebut dan kepada ibu Bupati Lebak pinta dia, agar mengevaluasi kepala Dinas maupun penanggung jawab kegiatan ini.

"Jika itu benar terjadi kejadian ini sungguh sangat memalukan dan mencoreng citra pemda Lebak," Timpal Abu Lagi.

Ditambahkan Abu, menurut informasi dari peserta yang mengikuti program tersebut bahwa Program PPA PKH Lebak yang dilaksanakan Dinas terkait diikuti 360 anak dan pendamping sebanyak 36 orang, sedangkan dalam buku pedoman panduan PPA PKH tercantum dengan jelas bahwa setiap shelter terdiri dari 3 pendamping, namun pada kenyataannya di lebak hanya terdapat 3 shelter.

"Lantas kemana uang untuk sewa shelternya," Tanya Abu.

Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial Asep Saefullah ketika di konfirmasi via telepon genggamnya mengatakan sedang ada tamu dari pusat." Nanti aja, saya sedang ada tamu dari Kementrian," katanya singkat.

« August 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31    

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Partly Cloudy
30°C (30°C 23°C)

Go to top