Tiga Kecamatan Dapat Bantuan Alat Musik

Tiga Kecamatan Dapat Bantuan Alat Musik

SERANG- Salah satu cara Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kota Serang, untuk melestarikan seni kebudayaan, pihaknya memberikan alat musik kendang penca, melalui kecamatan.

Pemberian alat musik hanya diberikan kepada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Serang, Cipocokjaya, dan Walantaka, dengan anggaran Rp40 juta. "Untuk saat ini kita baru memberikan kepada tiga kecamatan dulu," ungkap  Maya Rani Wulan, Kepala bidang (Kabid) Kebudayaan, Disporaparbud Kota Serang.

Tiga kecamatan yang mendapatkan tersebut yakni Kecamatan Serang dan Cipocok dua set, dan Kecamatan Walantakan satu set, nantinya terserah kecamatan apakah mau diberikan kepada setiap kelompok langsung atau dijadikan aset kecamatan.

"Bantuan ini tujuannya lebih pada memberikan dukungan kepada kelompok masyarakat yang punya aktivitas pelastarian budaya. Kalau dilihat dari setiap acara para kelompok ini sudah rusak peralatannya," ujarnya.

Ia juga menyebutkan, jika total anggaran pembelian lima alat musik kendang tersebut Rp40 juta. Dimana pemberian alat musik baru kali ini. Selain itu, di murni pihaknya juga sudah memberikan bantuan dukungan pagelaran dan pameran. Itu berupa bantuan dana. "Seni musik dan tari di Kota Serang sendiri ada 41, dan seni tradisi 22 jenis,"katanya.

Kondisinya di lapangan lanjutnya, sejauh ini cukup berkembang, seperti terbang gede dan marawis. Tapi untuk ubrug ini hanya satu kelompok di Kecamatan Walantaka, dan ini mesti diperhatikan khusus. (new).

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online