Hari Ini Festival Masyarakat Pesisir Resmi Dibuka

Hari Ini Festival Masyarakat Pesisir Resmi Dibuka

detakserang.comKASEMEN - festival Masyarakat Pesisir (FMP) yang ke III tahun 2014 secara resmi telah di buka oleh Walikota Serang Tb.Haerul Jaman, di Pelabuhan Perikanan Nusantara, Karangantu, Kasemen, Kota Serang. Kamis (18/09).

FMP yang di gelar dari 18-20 september ini mempunyai beberapa kegiatan, seperti pergelaran seni budaya wayang golek, pentas marawis, tari kesenian banten, lomba dayung, lomba masak seafood, lomba qosidah, lomba menghias perahu, mancing, kegiatan sosial, hiburan rakyat dan bazar.

Walikota Serang Tb.Haerul Jaman mengatakan bahwa festival masyarakat pesisir ini merupakan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) untuk mengembangkan dan memperkenalkan wisata di kota serang, khususnya wilayah pesisir Karangantu Kasemen, dimana Kasemen ini mempunyai beberapa potensi seperti daerah pesisirnya, religinya, dan kulinernya.

"Kita harap kedepan wisata di wilayah Kasemen ini dapat berkembang dengan baik, sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat kasemen."Ujar Jaman saat di temui rekan media seusai membuka FMP, Kamis (18/09).

"Kita masih banyak keterbatasan, mudah-mudahan di tahun ke depan apa yang kita harapkan bisa terwujud, dan semoga FMP ini bisa menjadi ikon dan bisa menarik para wisatawan untuk datang ke wilayah ini."tegasnya

sementara itu kepala Dinas pemuda dan Olahraga Pariwisata (Disporapar) Kota Serang Dudung Budi Priatna mengatakan agar masyarakat bisa menyadari potensinya, baik potensi ekonomi, potensi budaya, potensi wisata. "selain itu juga untuk menggugah kreatifitas masyarakat pesisir karangantu ini, kita menantang mereka untuk berekreasi, seperti mengadakan lomba yang bersifat potensi lokal, kita ekspos mereka supaya di ketahui oleh pihak lain, kalau di sini adalah gudang wisata, budaya, gudang segala macam seni tradisi."ungkap Dudung

"Di bandingkan tahun-tahun kemarin, lanjut Dudung, FMP tahun ini kita terintegrasi minimal 5 SKPD, seperti sunatan masal dari Dinas Kesehatan (Dinkes), ada Bazar dari Dinas Perindustrian Perdagangan koperasi (Disperindagkop), bantuan sosial dari Dinas Sosial (Dinsos), Disporapar, dan dari Kecamatan sebagai tuan rumah, jadi 5 SKPD sudah di ikat jadi satu kegiatan, ini prospek cukup bagus kalau di kembangkan terus."tuturnya

Dudung juga menambahkan bahwa dalam FMP ini, Disporapar cuma memfasilitasi, ide-ide kreatifnya keluar dari masyarakat pesisir di Kasemen.

"Kita pakai panitianya dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), juga para pemuda karangantu nya, kita di sini cuma mengemasnya saja, ini ide mereka."pungkasnya.

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online