PEMPROV BANTEN DORONG SEMUA KECAMATAN MILIKI PEMBINA UKS

PEMPROV BANTEN DORONG SEMUA KECAMATAN MILIKI PEMBINA UKS

detakserang.com- SERANG, Pemerintah Provinsi Banten mendorong semua kecamatan di Banten memiliki tim pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dalam upaya meningkatkan pemahaman dan kesadaran sisiwa terhadap UKS.

"Memang diharapkan semua kecamatan di Banten ikut, UKS ini kan untuk mendidik anak atau pelajar betapa pentingnya kesehatan lingkungan sekolah," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno usai membuka sosialisasi program UKS kepada Tim Pembina UKS di Serang, Senin.

H. Rano Karno mengatakan, pembinaan UKS penting dilakukan di setiap tingkatan di Provinsi Banten, salah satunya untuk menanamkan kesadaran bagi para siswa terhadap pentingnya kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah, salah satu diantaranya melalui tanaman obat serta membentuk karakter siswa untuk peduli terhadap kesehatan sekolah.

"Memang UKS ini gema-nya tidak seperti dulu, sekarang ini harus ditingkatkan. Bahkan saya mengusulkan juga untuk lebih mengenalkan mengenai iklim," katanya.

Selain itu juga, para siswa juga bisa mengenal berbagai penyakit lingkungan yang muncul seperti malaria dan penyakit lainnya.

"Bahkan sekarang ada ebola. Itu harus dikenalkan supaya penyakit-penyakit seperti itu bisa diantisipasi dari awal," kata Rano.

Dengan adanya tim pembina di tiap kecamata, kata Plt. Gubernur Banten, sekolah akan memperoleh informasi lebih mendetil tentang pembinaan UKS yang dapat mendukung peningkatan IPM di Banten.

"Banten ada 155 kecamatan, segera melakukan pembinaan UKS yang berjalan di seluruh tingkatan. Akhirnya memiliki dampak pada penigkatan kualitas kesehatan dan SDM di Banten," kata Rano.

Sementara itu Pelaksana Harian Tim Pembina UKS Provinsi Banten Tedi Rukaman mengatakan, sosialisasi program UKS di Provinsi Banten Tahun 2014 diikuti sebanyak 78 tim pembina kecamatan, dari delapan kabupaten/kota di Banten. Dengan adanya tim pembinaan UKS tersebut diharapkan bisa meningkatkan prestasi sekolah-sekolah dalam kegiatan lomba sekolah sehat tingkat nasional.

"Lomba sekolah sehat tingkat Provinsi Banten sudah dilaksanakan pada 17 sampai 19 Juni 2014 lalu. Ada sejumlah sekolah dari TK sampai SMA yang siap mewakili Banten untuk perlombaan tingkat nasional Tahun 2014," kata Tedi Rukman.

Ia mengatakan, diantara sekolah sehat yang dinominasikan untuk mewakili Banten pada perlombaan nasional yakni TK/RA Pembangunan Jaya Tangsel, SD Islam Baitul Mall, SMP Rangkasbitung dan SMAN 7 Tangerang Selatan.
Dalam kesempatan tersebut, Plt Gubernur Banten juga menyerahkan uang pembinaan bagi sejumlah sekolah sehat yang berprestasi tahun sebelumnya.

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online