BI Luncurkan Uang Kertas Rp100 Ribu Baru

BI Luncurkan Uang Kertas Rp100 Ribu Baru

detakserang.com - SERANG, Bank Indonesia (BI) bersama pemerintah Republik Indonesia akan meluncurkan uang rupiah kertas pecahan Rp100 ribu tahun emisi 2014. Mata uang nasional ini yang akan mulai diberlakukan bertepatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia .

Kepala Perwakilan BI Banten Budiharto Setyawan menyebutkan, uang kertas pecahan baru ini diluncurkan dan diedarkan untuk di wilayah Banten, Senin (18/8) mendatang. Pasalnya, 17 Agustus jatuh pada hari libur, Minggu.
Karena masih tahap awal, menurut Budi, pihaknya mengedepankan kepentingan masyarakat agar mengetahui terlebih dahulu. Lalu, pihaknya melayani perbankan, Senin (18/8).

"Masyarakat kalau mau tukar uang pecahan baru ini bisa dilakukan lembaga perbankan di seluruh Banten,"ujar Budi saat di temui di ruangannya, Kamis (14/8).

Ia menjelaskan, uang kertas pecahan Rp100 ribu ini tidak jauh berbeda dengan uang pecahan serupa tahun emisi 2004. Perbedaanya di bagian muka dan belakang uang tertulis Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sedangkan pecahan uang kertas serupa tahun emisi 2004 tertulis Bank Indonesia.

Adapun penandatangannya di uang sebelumnya ditandatangani anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia. Sedangkan kalau yang baru ditandatangani Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan.
Di uang pecahan Rp100 ribu yang baru, tambah Budi, mempunyai fitur-fitur keamanan yang lebih banyak. Misalnya, di bagian pojok terdapat lambang Garuda berwarna kuning. Sementara uang yang lama lambang itu polos.

Dengan diberlaku uang kertas pecahan Rp100 ribu tahun emisi 2014 ini ia menegaskan, uang kertas pecahan serupa yang lama masih tetap berlaku sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online