Caleg Hanura Diduga Bagi - Bagi Uang Sebelum Kampanye

ilustrasi ilustrasi

detakserang.com- SERANG, Calon anggota legislatif (caleg) Partai Hanura diduga membagi-bagikan uang sebesar Rp25 ribu ke massa. Praktik kotor yang diduga politik uang tersebut dilakukan bertepatan dengan kampanye terbuka Partai Hanura, beberapa waktu lalu.

Hal ini disampaikan Direktur Masyarakat Transparansi (MATA) Banten Fuadudin Bagas yang mendapatkan laporan bahwa caleg Hanura berinisial FA membagikan uang yang dimasukkan ke amplop bertuliskan dan ajakan untuk mencoblos caleg tersebut.

"Aksi ini dilakukan bertepatan dengan kampanye terbuka Partai Hanura di Alun-alun Barat Serang, beberapa waktu lalu," ungkapnya, Sabtu (29/3).

Selain itu, tambah Fuadudin, berdasarkan informasi yang diperoleh FA membagikan uang tersebut sesaat sebelum berangkat ke lokasi kampanye. Tepatnya di Perumahan Ciputat, Kota Serang.

"Kami mendapatkan laporan kalau uang itu dibagikan saat peserta kampanye masih Perumahan Ciputat, Kota Serang. Ini sudah termasuk politik uang. Panwaslu harus segera menelusuri kasus ini, karena menjadi preseden buruk jika Panwaslu tidak melakukan tindakan," katanya.

Sementara itu Divisi Pengawasan Panwaslu Kota Serang Mahdiduri sudah mendapat laporang tentang dugaan praktik politik uang tersebut yang dilakukan FAY dari masyarakat. Didasari laporan tersebut, pihaknya segera mengirimkan PPL untuk menelusuri dugaan tersebut.

"Kami sudah memperoleh informasi tersebut. Kami juga sudah mengingatkan pemberi informasi untuk membuat laporan tertulis terkait hal ini. Tetapi, kami juga sudah mengirimkan tim untuk menelusuri hal tersebut," katanya.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya sedang mencari data pokok berupa bukti dan saksi. Jika terdapat masyarakat yang bisa memberikan data pokok tersebut, pihaknya akan berterima kasih. Pasalya, laporan masyarakat akan menjadi pegangannya.
Jika dugaan ini terbukti dan ada saksi, maka sanksi pidana dapat dijatuhkan terhadap caleg tersebut. (fir)

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online