Print this page

Kota Serang Minim Tenaga Kerja Asing

Kota Serang Minim Tenaga Kerja Asing

detakserang.com- SERANG, Kabupaten dan kota di Banten belakangan mulai dipenuhi orang asing yang menjadi tenaga kerja asing (TKA), baik asal Asia maupun Eropa. Namun lain halnya dengan Kota Serang justru sebagai Ibukota Provinsi malah minim TKA.


Rendahnya minat investor asing untuk mendirikan perusahaan menjadi faktor kota Serang minim TKA. Di samping itu, kurangnya angka kebutuhan akan tenaga ahli asal mancanegara juga menyebabkan fenomena ini terjadi.


Disebutkan Kepala Seksi Perluasan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (disnakertrans) kota Serang Ruswiyanti, Selasa (12/3), Kota Serang hanya memiliki tiga orang TKA. Angka ini menurun bila dibandingkan tahun lalu yakni empat orang TKA.


"Tadinya empat, terus yang satu perusahaannya bangkrut. Sekarang kabarnya dia ke Tanggerang tinggal di sana bersama istrinya," jelasnya.


Ia juga beralasan Kota Serang tidak bisa disamakan dengan kabupaten atau kota lain di Banten yang menjadi pusat industri.Misalnya, Kota Cilegon yang memiliki Krakatau Posco atau Kabupaten Serang yang memiliki PT Nikomas yang penuh dengan TKA.(wan)