2.100 Relawan Pemilu Mendaftar Ke Bawaslu Banten

2.100 Relawan Pemilu Mendaftar Ke Bawaslu Banten

detakserang.com- SERANG, Bawaslu Banten telah menken MoU dengan sejumlah perguruan tinggi di Banten. Di antaranya Untirta, Unsera, dan IAIN Sunan Maulana Hasanuddin Banten, serta ormas Muslimat NU dan Aisiyah. Tujuannya mendorong agar perguruan tinggi dan ormas tersebut bisa mewajibkan mahasiswa dan anggotanya menjadi relawan pemilu.

Ketua Bawaslu Banten Pramono U Tantowi ketika dihubungi, Jumat, (28/2), menyebutkan sekitar 2.100 orang terdaftar menjadi Relawan Pengawas Pemilu. Mereka terdiri atas anggota organisasi kemasyarakatan (ormas) dan mahasiswa mendaftar ke Bawaslu Banten.

"Kami menargetkan 21 ribu relawan se-Banten sebelum pemilu," katanya.

Selain dari tingkat Bawaslu, tambahnya, pengawas di kabupaten/kota juga melakukan MoU dengan ormas dan perguruan tinggi di masing-masing daerahnya. Masing-masing lembaga diminta bisa mendorong anggotanya menjadi para relawan.

Selain melalui kerjasama dengan lembaga lain, kata dia, di tingkat pengawas kecamatan juga diminta untuk merekrut lima orang pengawas. Begitu juga di tingkat pengawas pemilu lapangan yang ada di kelurahan/desa untuk merekrut masing-masing lima orang relawan pengawas pemilu.

"Kita menginginkan para suka relawan ini berkomitmen untuk mewujudkan pemilu yang bersih dan berkualitas. Ini menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya penyelenggara pemilu," ujarnya.

Menurutnya, tugas utama relawan pemilu untuk ikut aktif mengawasi tahapan pemilu. Mulai kampanye terbuka, 16 Maret hingga saat pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, 9 April 2014. Relawan yang direkrut tersebut bersifat sukarela dan tanpa ada honor atau gaji. Dengan demikian, relawan pengawas pemilu yang memiliki kepedulian terhadap lancarnya pelaksanaan Pemilu 2014.

"Ini sifatnya sukarela karena kami tidak membayar mereka. Mereka hanya diberi sertifikat dan kartu pengenal sebagai relawan pemilu," katanya.

Setiap relawan nantinya akan memberikan laporan dari hasil pengawasannya kepada masing-masing pokja di Panwaslu, Panwascam hingga pengawas pemilu lapangan. Sebelum diterjunkan, semua relawan akan diberikan bimbingan teknis dalam upaya memperlancar tugasnya melakukan pengawasan di lapangan. (gan)

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online