Print this page

Toys Kingdom Support Komunitas Anak Berkebutuhan Khusus

Toys Kingdom Support Komunitas Anak Berkebutuhan Khusus

detaktangsel.com SERPONG - Sebagai salah satu bisnis ritel di Indonesia, Toys Kingdom juga memiliki perhatian terhadap kegiatan sosial, khususnya yang berhubungan dengan anak-anak.

Setelah sebelumnya bekerjasama dengan PKPU mengajak Anak Yatim berbelanja, kali ini Toys Kingdom mendukung program ulang tahun pertama komunitas Indonesia Rare Disorders (IRD) yang dilakukan The Garden, Living World Alam Sutera, Serpong Utara akhir pekan lalu.

Indonesia Rare Disorders (IRD) adalah sebuah komunitas yang bertujuan memberikan dukungan bagi orang-orang yang terlahir dengan rare disorder/desease serta memberikan informasi yang bermanfaat guna meningkatkan awareness terhadap rare disorder/desease di Indonesia. Saat ini IRD melakukan kegiatannya dengan berbasis Facebook berupa Fanpage yang telah di-like oleh lebih dari 800 pengguna Facebook.

Latar belakang berdirinya IRD adalah karena diperkirakan ada sekitar 6.000-8.000 rare disorder/desease yang telah teridentifikasi, dan setiap minggu muncul 1-2 jurnal baru mengenai kelainan langka. Di Indonesia juga terdapat orang-orang yang terlahir dengan penyakit langka seperti Pierre Robin Sequence/Syndrome (PRS), Treacher Collins Syndrome (TCS), Cornelia de Lange Syndrome(CdLS), Waardenburg Syndrome, Russel-Silver Syndrome, Donohue Syndrome dan sebagainya. 80 persen dari kelainan langka merupakan kelainan genetik dan menyumbang 35 persen angka kematian anak usia dibawah 1 tahun. Sementara awareness terhadap rare disorder/desease ini masih tergolong rendah, bahkan di kalangan tenaga medis sekalipun, sehingga ada kemungkinan tidak terdiagnosa. Berangkat dari keinginan saling support dan meningkatkan kesadaran serta penerimaan bagi penyandang rare disorder/desease, maka lahirlah Komunitas IRD pada tanggal 24 September 2015.

Merayakan ulang tahun yang pertama, IRD didukung Oleh Toys Kingdom serta komunitas lainnya seperti Tambah Asi Tambah Cinta (TATC), Sahabat Pierre Sequences, Indonesia Cornelia de Lange Syndrome Family, Dandy Walker Indonesia, Premature Indonesia, Super Premature, Peduli Kesehatan Jiwa Ibu Perinatal Indonesia, Love My Face-Treacher Collins Syndrome dan Dunia Karya Special Needs menyelenggarakan kegiatan bertajuk "1 Tahun Langkah IRD : Langka, Nyata, Berdaya" dengan menghadirkan narasumber yang akan berbagi pengetahuan mengenai penanganan terhadap rare disorder/desease yaitu dr. Tri Gunadi, A.Md.OT.,S.Psi, (Direktur Yamet Child Development Center, Terapis) yang membahas Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak (berkebutuhan khusus), dr. Widya Eka Nugraha (Dokter Umum, Konselor Genetik) yang membahas Mengenali Kelainan Genetika dan Tanda Gawat Darurat, serta Wendy Aryadewi, SH (Founder Rumah Pintar ABK Efata, Lawyer) yang membahas Optimalisasi Bakat dan Potensi Anak (berkebutuhan khusus).

Selain mendukung kegiatan sosial, secara produk Toys Kingdom memiliki ragam mainan pendukung perkembangan motorik dan sensorik yang juga dibutuhkan oleh anak berkebutuhan khusus. Salah satunya adalah HAPE, mainan kayu yang setiap produknya dirancang dan dikembangkan untuk menambah kemampuan berkembang pada anak. Produk HAPE dibuat dari Birchwood, yaitu kayu dengan permukaan halus dan tahan lama yang didesain tidak bersudut lancip, cat berbahan dasar air dan dengan standar keamanan serta kualitas internasional. Karena itu, produk HAPE sangat aman untuk anak mulai dari usia 0 tahun. Khusus pada acara ulang tahun IRD, Toys Kingdom memberikan potongan harga 30% untuk pembelian produk HP.