234 SC Komunitas Cinta Damai dan Sosial

234 SC Komunitas Cinta Damai dan Sosial

detak.co.idKOMUNITAS - Sejarah menceritakan, awalnya 234 SC adalah suatu komunitas khusus yang merupakan singkatan dari 234 SILIWANGI CLUB, dan merupakan singkatan dari 234 SOERJOSOEMARNO CLAN yang hanya beranggotakan keluarga dan kerabat-kerabat dekat OM K.R.M.H. JAPTO S.S. Seiring berjalannya komunitas ini, lalu komunitas ini diteruskan/dikembangkan oleh anak kandung dari OM K.R.M.H. JAPTO S.S., yaitu MAS ABI SHALOM S.S dan MAS YEDIDIAH S.S.

234 SC sendiri sangatlah unik. Ternyata angka 234 diambil dari merk rokok terkenal di Indonesia, 'Dji Sam Soe' di mana memang kerabat Japto dikenal sebagai pengagum rokok legendaris yang hingga kini masih bertahan.

Lambang dasar 234 SC yang memakai gambar perpaduan 'orang bersayap', merupakan ide pemikiran Japto dengan ayahandanya, Jendral H. KPH. Soetarjo Soerjosoemarno. Lambang itu diambil dari kegemaran Japto akan olahraga ektrim terjun payung. Terlebih Japto sukses merengkuh juara 2 pada kejuaraan terjun payung di Australia sekitar tahun 1970-an. Arti sayap itu sendiri ternyata punya filosofi, yakni dengan pola pikir bisa terbang kemana-mana.

Kini di tangan Abi, kiprah 234 SC semakin menggila dan membuat banyak orang tertarik ingin bergabung masuk ke dalam keluarga besar 234 SC. Melihat antusiasme masyarakat, para petinggi 234 SC sepakat membukanya untuk umum. Tak heran jika 234 SC sukses jadi komunitas terbesar di Indonesia. Abi yang hingga saat ini dipercaya memegang penuh kendali 234 SC akhirnya merubah singkatan SC menjadi 'Solidarity Community'.
Setelah resmi masuk sebagai keluarga besar 234 SC, maka para anggota tersebut harus mematuhi 6 kode etik 234 SC, yaitu :

1. Taat kepada tuhan yang maha esa menurut agama masing-masing.
2. Taat dan tunduk kepada hukum yang berlaku di negeri ini.
3. Tidak terlibat penggunaan dan peredaran narkoba.
4. Bersifat setia kawan dan menjaga kesatuan dalam rasa kekeluargaan.
5. Menjaga nama baik dan keutuhan organisasi.
6. Selalu rendah diri dan saling mengayomi antar anggota maupun kepada masyarakat.

Dalam kegiatannya, 234 SC dan Pemuda Pancasila (PP) memang merupakan dua organisasi yang berbeda, 234 SC lebih mengutamakan kegiatan sosial.

Ketua Umum berpesan, "APABILA SALAH SATU TEMAN KITA DICUBIT, MAKA KITA SEMUA AKAN MERASA DICUBIT DAN KITA HARUS MEMBALAS SIAPAPUN YANG MENCUBIT TEMAN KITA ITU. KITA TIDAK BOLEH MENGGANGGU DAN MENYUSAHKAN ORANG LAIN. BILA MEREKA MENJUAL, KITA TAWAR BAIK-BAIK. APABILA MEREKA TAWAR LAGI DAN KELEWATAN, KITA BORONG."

Pada intinya kegiatan dari 234 SC ini adalah untuk melakukan hal-hal yang positif, menjaga silaturahmi & mempererat persatuan dan kesatuan anak-anak muda bangsa Indonesia.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online