Izin Usaha Industri Pabrik Baja di Sukamulya Dipertanyakan

Izin Usaha Industri Pabrik Baja di Sukamulya Dipertanyakan

detaktangsel.comSUKAMULYA - Ketua DPRD Kabupaten Tangerang H Madromli mempertanyakan surat izin usaha industri (IUI) PT Surya Baja Mandiri yang berlokasi di Desa Merak, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang.

Menurutnya meski PT Surya Baja Mandiri sudah mengantongi izin mendirikan bangunan dari Badan penanaman modal dan perizinan satu pintu BPMPTSP) Kabupaten Tangerang pada tahun 2016 lalui namun dia mempertanyakan surat izin usaha industri.

"Pada pasal 1 PP No 107 tahun 2015 dijelaskan bahwa jasa industri dikategorikan industri karena bentuk kegiatan ekonomi yang mengolah bahan baku dan atau memenafaatkan sumber daya industri sehingga menghasilkan barang yang mempunyai nilai tambah," ujarnya pada Senin (23/1/2017).

Menurutnya sesuai amanat PP 107 tahun 2015 tersebut setiap kegiatan industri atau jasa industri baik skala kecil dan menengah dan besar harus mengikuti ketentuan yang sudah diatur didalam undang-undang, karena kegiata industri atau jasa usaha industri harus berada dikawasan peruntukan industri berdasarkan rencana tata ruang wilayah yang ditetapkan.

"Kalau Kecamatan Sukamulya peruntukan wilayahnya hanya untuk pemukiman dan penghijauan. Untuk kawasan Industri sudah ditentukan seperti Kecamatan Balaraja dan Jayanti. Apalagi IMB PT Surya Baja Mandiri peruntukannya untuk bengkel tekhnis ini sudah menyalahi izin," katanya.

Sementara Humas PT Surya Baja Mandiri Iyan Peter membantah jika perluasan bangunan yang saat ini dikerjakan tak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB). Menurutnya pengurusan izin sudah dia lakukan melalui dinas terkait yakni BPMPTSP Kabupaten Tangerang. "Kami tidak akan membangun tanpa memiliki IMB yang dikeluarkan dari pemerintah," katanya.

Namun saat ditanyakan surat izin usaha industri (IUI) Iyan Peter enggan berkomentar terlalu jauh. "Nanti kita cek dahulu kalau memang tidak ada dan diperlukan kita urus," tandasnya.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online