Meriahkan HUT Kabupaten Tangerang, LSM Geram Gelar Seni dan Budaya

detaktangsel.com SUKAMULYA -- Kemeriahan HUT ke 73 Kabupaten Tangerang tak hanya di Froggy BSD Kecamatan Pagedangan.

Di Kecamatan Sukamulya komunitas LSM di Wilayah Barat Kabupaten Tangerang punya cara khas tersendiri dalam memeriahkan HUT Ke 73 Kabupaten Tangerang dengan menggelar pagelaran seni dan budaya khas Kabupaten Tangerang.

Acara yang di gagas LSM Geram Banten bersama anggota DPR RI Yayat Biaro ini mengangkat kesenian khas Kabupaten Tangerang, salah satunya adalah kesenian warisan nyimas melati balenggo dari Desa Bunar Kecamatan Sukamulya , selain itu ditampilkan pula kesenian pencak silat dan debus, serta tari-tarian khas Kecamatan Jayanti pun ditampilkan. Puncak acaranya akan digelar pada Senin 26/12 akan digelar wayang golek semalam suntuk dengan dalang internasional asal Sukamulya Ki Mursidi Ajen dan dalang Ki Agoes Bhaskara Madya dengan lakon Kumbakarna Gugur.

Meriahkan HUT Kabupaten Tangerang LSM Geram Gelar Seni dan Budaya 2

Pantauan di lapangan, acara tersebut cukup menarik perhatian warga, meski acara dimulai pada pukul 10.00 namun warga sudah berdatangan pagi pukul 08.00, antusia warga tersebut karena ingin memeriahkan HUT ke 73 Kabupaten Tangerang dengan melihat penampilan budaya dan seni. Warga berharap agar perayaan HUT Kabupaten Tangerang pada tahun mendatang bisa di alihkan ke wilayah Barat Kabupaten Tangerang.

"Kalau ke BSD saya terlalu jauh karena harus melewati jalan tol, terlebih kami tidak memilik kendaraan roda empat, kami berharap agar tahun mendatang perayaan HUT ke 73 bisa dilaksanakan di daerah yang bisa terjangkau,"ucap Samsudin warga Sukamulya.

Ketua LSM Geram Banten Alamsyah mengatakan, kesenian budaya dan seni di Kabupaten Tangerang harus dilestarikan, karena di wilayah kita banyak sekali potensi seni yang harus dikembangkan, seperti kesenian khas Sukamulya balenggo, belum kelompok tarian asal Jayanti, jaipongan dan kesenian wayang golek dalang Murjana yang sudah pentas mewakili Indonesia di Australia.

"Pada perayaan HUT Ke 73 Kabupaten Tangerang, kami dan pak Yayat Biaro selaku anggota DPR RI asal Dapil Banten bekerjasama mementaskan kesenian khas Kabupaten Tangerang."Ujar Alamsyah kepada wartawna.

Alamsyah mengkritisi Disporabudpar Kabupaten Tangerang, tentang minimnya perhatian kepada budaya khas Kabupaten Tangerang, dengan tidak menampilkan kesenian khas Kabupaten Tangerang di acara tahunan HUT Kabupaten Tangerang yang sekarang dilakanakan di BSD." Pada perayaan HUT Kabupaten lebak aja wayang golek dengan dalang Mursidi Ajeng ditampilkan, disini maah tidak,"katanya.

Sementara Yayat Biaro anggota DPR RI Kabupaten asal Kecamatan Sukamulya mengatalan seni dan budaya harus dilestarikan, apalagi dalam susasana HUT ke 73 kabupaten Tangerang. Yayat Biaro berharap agar warga bisa mendukung program-program Pemkab Tangerang terutama program yang bersentuhan dengan masyarakat," Acara pesta rakyat ini digelar bertujuan untuk memeriahkan HUT Ke 73 Kabupaten Tangerang agar semakin gemilang."Katanya.

Sementara Ahmad Sidik mewakili Kadis Pendidikan Kabupaten Tangerang mengapresiasikan animo warga Kecamatan Sukamulya dengan menggelar pesta rakyat dalam rangka HUT ke 73 Kabupaten, menurutnya seni dan budaya khas Tangerang sudah menjadi kewajiban semua warga untuk diangkat dan dilestarikan supaya tidak punah.

" Dinas pendidikan dan Kabupaten Tangerang melalui programnya akan terus meningkatkan dan mengembangkan budaya khas Kabupaten Tangerang melalui seni."Ucapnya.

« February 2020 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29  

Cuaca

No cities match your search query

Go to top