Print this page

Ribuan Buruh Gelar Aksi Modar

Tangerang- Aksi Sweefing ke beberapa pabrik di Cikupa.senin (11/11)dt Tangerang- Aksi Sweefing ke beberapa pabrik di Cikupa.senin (11/11)dt

CIKUPA - Ribuan buruh dari berbagai organisasi buruh di Kabupaten Tangerang, gelar aksi mogok daerah (Modar), Senin (11/11).

Sebelum menggelar aksi di depan kantor Bupati Tangerang, buruh mensweeping sejumlah pabrik untuk mengajak buruh lainnya melakukan aksi modar.

Sejumlah kawasan industri yang menjadi sasaran sweeping, antara lain kawasan industri Cikupa, Curug dan juga Balaraja. Situasi sedikit terjadi ketegangan saat sejumlah pihak keamanan menghalangi aksi mensweeping ke sejumlah pabrik.

Petugas keamanan industri di kawasan Cukang Galih, Curug, misalnya yang sempat menghadang massa buruh yang berupaya melakukan sweeping. Beruntung ketegangan mereda, setelah sejumlah perusahaan mengizinkan buruhnya ikut bergabung turun ke jalan.

“Tadi memang sempat ada sweeping, tapi setelah kami berkoordinasi akhirnya manajemen perusahaan mengizinkan karyawan bergabung,” ujar Tri Laksono, salah satu keamanan pabrik di kawasan industri Cukang Galih, Curug.

Tri mengaku pihak perusahaannya tidak mengetahui jika hari Senin ini ada aksi mogok, sehingga pabrik tidak meliburkan karyawannya.

“Justru tadi saya berkoordinasi dulu dengan pimpinan, tapi sekarang sudah diperbolehkan berhenti beroperasi,” kata Tri.

Sementara Ratno, salah seorang kordinator buruh di Tangerang menegaskan sweeping dilakukan untuk mengajak semua buruh turun ke jalan. Karena aksi yang digelar untuk kesejahteraan buruh juga nantinya.

"Tak ada yang boleh kerja, semuanya ikut demo untuk kesejahteraan kita bersama. Pokoknya hari ini tak ada yang masuk kerja,’’ tegas Ratno. (Vj).

Related items