Cuaca Buruk, Nelayan Tak Melaut

detaktangsel.com - KRONJO,  Sepekan terakhir cuaca di perairan laut utara Jawa kondisinya tidak menentu, membuat rautsan nelayan kronjo enggan melalut. Selain cuaca buruk, perairan laun Jawa Bagian utara juga surut dan beredar isu sunami.

Salah satu nelaya di Kecamatan Kronjo, Marhani menuturkan, saat ini kondisi cuaca perairan laut Jawa bagian utara tidak menentu. Gelombang laut cukup besar ditambah angin kencang yang sering datang tiba-tiba.

"Saya sudah seminggu berhenti melaut, kondisi cuaca tidak bagus. Kalau dipaksakan resikonya sangat besar dan akan mengancam keselamatan jiwa nelauan," tuturnya.

Hal senada di ungkapkan Sarmani, nelayan asal Indramayu yang sudah menetap di Kecamatan Kronjo bertahun-tahun ini, mengeluhkan hasil tangkapan ikan selama seminggu belakangan yang menurun drastis. Banyak nelayan memilih berhenti melaut, karena cuaca buruhk.

"Sekalipun ada yang nekat melaut, hasil tangkapannya tidak sebanding dengan biaya operasional yang dikeluarkan. Terpaksa kami berhenti melaut," terangnya.

Ketua RT Kampung Pulo Cangkir Syamsul menjelakan, jika kondisi cuaca di wilayahnya tidak mementu. Bahkan sebulan terakhir kondisi cuaca di laut sering terjadi angin barat atau angin kencang dengan gelombang laut tingggi.

"Kondisi cuaca buruk seperti ini, banyak nelayan yang nganngur. Apalagi saat ini ada isu akan terjadi tsunami di laut utara," tukasnya. (vj)

« August 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31  

Cuaca

No cities match your search query

Go to top