Film "Mencari Hilal" Raih 7 Nominasi FFI 2015

detaktangsel.com JAKARTA - Film "Mencari Hilal" meraih tujuh nominasi pada Festival Film Indonesia (FFI) 2015 yaitu  untuk kategori penata musik terbaik,  pengarah artistik terbaik, penyunting gambar terbaik, aktor utama terbaik, sutradara terbaik, penulis skenario terbaik dan film terbaik.

"Semoga film ini ikut menggairahkan jenis yang saya sebut film pencerahan. Yaitu film yang mengangkat isu sosial penting sebuah bangsa melalui kisah drama yang menyentuh," ujar Denny JA, produser eksekutif  Film Mencari Hilal dalam keterangan persnya di Jakarta, Jumat (13/11).

 

Film yang merupakan produksi bersama Studio Denny JA dan Multi Vision Plus (MVP) itu merupakan hasil kerjasma Denny JA dengan pegiat perfilman seperti Hanung Bramantyo, Haidar Bagir, Salman Aristo dan Ram Punjabi.

 

"Sejak awal, film ini dibuat dalam rangka pencerahan pentingnya Islam Cinta dan Indonesia Tanpa Diskriminasi," kata Denny yang dikenal pendiri Lingkaran Survei Indonesia dam pegiat anti diskriminasi di Indonesia.

 

Studio Denny JA terlibat dalam film ini pertama- tama memang karena gagasan di belakang film itu. Bersama Hanung dan Haidar Bagir, ujar Denny, pihaknya berdiskusi pentingnya gagasan pencerahan disampaikan dalam film.

 

"Dibandingkan media lain, film lebih mungkin meraih lebih banyak publik untuk diajak merenung," ujarnya.

Denny JA mengutip riset yang dibuat Pew Research Center bahwa lebih dari 70 persen populasi lebih menggemari film dan musik. "Siapapun yang ingin menyampaikan gagasan ke publik, yang paling efektif adalah lewat film atau musik," katanya.

 

Film Mencari Hilal menyampaikan gagasan Islam Cinta dan Indonesia Tanpa Diskriminasi. Indonesia dinilai oleh lembaga internasional semakin buruk dari sisi toleransi agama. 

 

"Sutradara dan penulis skenario berhasil mengemas gagasan itu dalam drama yang indah ditonton dan berseni," ujar Denny sambil menmbahkan  film Mencari Hilal kini diundang dalam banyak festival internasional.

 

Anies Baswedan Jagokan Mencari Hilal

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan turut hadir dalam malam pembacaan nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2015 yang digelar di La Moda Cafe, Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis malam. Menteri Anies bahkan menjagokan sederet film untuk meraih Piala Citra.

 

"Saya suka film Mencari Hilal, kemudian Pendekar Tongkat Emas dan juga Guru Bangsa Tjokroaminoto," kata Anies yang hadir mengenakan setelan hitam dan dasi kupu-kupu malam itu. 

 

Menurut Anies, film-film yang baik adalah film yang mendidik namun tetap menghibur serta menginspirasi. Setelah menonton film, seharusnya ada pelajaran yang bisa dipetik.

 

"Jadikan film sebagai konstruksi memori kita. Seperti film Tjokroaminoto, semisal, hanya dengan beberapa jam, kita sudah dapat membayangkan bagaimana perjuangannya. Film jendral Soedirman juga," kata Anies yang mengaku siap jika ditawari peran dalam sebuah film itu.

 

Menteri yang pernah dinobatkan sebagai rektor termuda pada 2007 itu mengaku hobi menonton, khususnya film Indonesia.

 

"Saya senang menonton film Indonesia, bahkan saya ajak pejabat lainnya untuk menonton." Film "Mencari Hilal" dinominasikan untuk tujuh kategori dalam FFI 2015 antara lain; Penulis Skenario Asli Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Sutradara Terbaik, serta Film Terbaik.

 

Film "Pendekar Tongkat Emas" dinominasikan untuk lima kategori; Penata Kostum Terbaik, Penata Suara Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Pemeran Anak Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

 

Film Guru Bangsa Tjokroaminoto dinominasikan untuk tujuh kategori; Penata Kostum Terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, Penata Suara Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Efek Visual Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik. (red/Ant)

« May 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31      

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Partly Cloudy
29°C (29°C 25°C)

Go to top