Print this page

Pengrajin Permainan Panjat Pinang Kebanjiran Pesanan

Pengrajin Permainan Panjat Pinang Kebanjiran Pesanan

detaktangsel.com- JAKARTA, Peringatan hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus sebentar lagi. Hal tersebut menjadi berkah tersendiri bagi para pengrajin permainan panjat pinang di daerah manggarai utara, jakarta selatan, minggu (10/8). mereka kebanjiran pesanan permainan panjat pinang untuk keperluan lomba menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada hari minggu 17 agustus 2014 mendatang.

Sudah menjadi tradisi bagi rakyat Indonesia menyambut hari kemerdekaan dengan melakukan perlombaan. Perlombaan biasanya dilakukan di tingkat RT hingga ke kota. Salah satu jenis perlombaan yang biasa digelar adalah Panjat Pinang.

Hal tersebut menjadi peluang bisnis bagi beberapa orang. Muji (40) misalnya, salah satu pengrajin permainan panjat pinang, dirinya mengaku kebanjiran pesanan mendekati hari kemerdekaan tahun ini. Berbeda dengan tahun sebelumnya, ia hanya mendapat pesanan sebanyak 30 buah panjat pinang. "Sampai saat ini sudah ada 55 buah panjat pinang yang dipesan, dan masih akan bertambah". Ujar Muji.

Senada dengan Muji, pengrajin lainnya juga mengatakan adanya peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Selain Jakarta, hasil kerajinannya tersebut di kirim ke beberapa kota seperti Bekasi, Tangerang Selatan, dan Depok. Satu buah panjat pinang dengan tinggi 9 meter di hargai 1 juta sudah termasuk ongkos kirim.

Lelaki yang sehari-harinya berprofesi sebagai pedagang bambu ini berharap, agar pemimpin Indonesia selanjutnya melanjutkan budaya peringatan hari kemerdekaan seperti perlombaan panjat pinang dan lainnya, apapun halangannya. Agar nasionalisme rakyat Indonesia tetap terjaga.