Tangsel Bakal Launching e-Library

Tangsel Bakal Launching e-Library

detaktangsel.com SERPONG-Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) akan melaunching aplikasi e-library yang bisa diakses oleh masyarakat Tangsel dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat Tangsel.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangsel Dadang Raharja, menjelaskan, aplikasi ini rencananya akan dilaunching di akhir tahun 2018. “Aplikasi ini berupa perpustakaan online yang bisa diakses siapapun, mereka bisa mendownload buku dan membaca buku melalui aplikasi ini, sehingga target pengunjung perpustakaan bisa mencapai 823 ribu, sedangkan untuk tahun ini hanya 780 ribu pengunjung,” ungkapnya.

Aplikasi ini untuk mensukseskan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Walikota Airin Rachmi Diany. Ia menambahkan dengan perpustakaan digital, harapannya mampu mendorong minat baca masyarakat. Sebab, dimanapun dan kapanpun bisa
mendownload buku yang diperlukan. ”Target tahun ini, 823 ribu. Tahun 2017, baru 780 ribu yang datang ke perpustakaan, sekolah-sekolah, komunitas dan perguruan tinggi,” terangnya.

Bagi pengguna aplikasi, akan diberikan kebebasan memilih buku yang akan dibaca. Namun, sistem akan membatasi. “Misalkan, satu buku, hanya untuk 10 peminjam, lama waktunya hanya tiga hari. Nah, pembaca lainnya, tidak bisa meminjam kalau kuotanya sudah penuh. Menunggu selesai dulu, baru bisa,” tambahnya.

Dirinya menerangkan aplikasi akan diupayakan terhubung dengan setiap sudut dinas, kelurahan, kecamatan, sekolah dan komunitas baca untuk memilikinya. ”Jadi, koleksi buku yang akan dimiliki semakin banyak. Dan tentunya akan mempengaruhi pembaca,” ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ismunandar menekankan supaya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bisa mengoptimalkan aplikasi yang sudah dibangun. ”Kita melakukan maintenance saja. Tapi untuk penggunaannya dinas terkait. Jadi, berhasil tidaknya dinas yang bersangkutan yang memanfaatkan dan mensosialisasikannya," tandasnya.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online