Guru Pendidikan Agama Islam SD Ikuti Bimtek Kurikulum 13 

Detaktangsel.com SERPONG-Puluhan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) metode pembelajaran kurikulum 13.

Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangsel ini dibuka Plt. Kepala Kantor Kemenag Kota Tangsel Dedi Mahfudin dan dihadiri Plt. Kasubag TU yang juga Kepala Seksi Pakis Muhammad Edi Suharsongko serta perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud).

Semua peserta sangat antusias mengikuti bimtek ini . Di akhir acara diadakan post test materi yang disampaikan para Narasumber, dan terpilihlah lima besar, yaitu Maksum Sahar, Sri Hayatun, Kultsum, Dewi dan Nasihin.

Plt. Kasubag TU Muhammad Edi Suharsongko mengatakan, pembinaan ini terus dilanjutkan pada pembinaan tingkat Kecamatan yang dikoordinir oleh pengurus KKG PAI. Hal ini sangat membantu sebagai upaya peningkatan kompetensi Guru PAI di kota Tangsel.

“Upaya peningkatan kompetensi Guru PAI harus didukung banyak pihak. Kegiatan ini juga harus didukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel. Karena Guru PAI pada sekolah umum ini pengabdian mereka didedikasikan kepada siswa-siswi pada sekolah umum yang notabene di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel,” ujarnya.

Menurutnya, yang paling mendasar dan sangat penting adalah dukungan motivasi meningkatkan kompetensi Guru PAI itu sendiri. Amanah Undang-undang dan Regulasi seorang guru PAI yang profesional harus memiliki enam kompetensi. Yakni: profesional, paedagogik, sosial, kepribadian, managerial dan spiritual. 

"Hal ini dapat terwujud jika guru memiliki motivasi yang tinggi untuk terus "long live education", senantiasa melakukan inovasi dan tiada henti berupaya meningkatkan kompetensi diri," terangnya.

Diketahui, narasumber dalam bimtek ini di antaranya, Plt Kepala Kantor Kemenag Kota Tangsel Dedi Mahfudin membawakan materi Kebijakan Kementerian Agama dalam Penerapan Kurikulum 13, Plt. Kasubag TU, Muhammad Edi Suharsongko, membawakan materi Dinamika Perkembangan Kurikulum 13, Pengawas Kemenag Kota Tangsel yang juga Instruktur Nasional Inti Farhati, memberi materi Sistem Penilaian Pembelajaran PAI dalam Kurukulum 13, dan Instruktur Nasional Soleh Baedowi, membawakan materi Pengolahan dan Pelaporan Hasil Pembelajaran PAI dalam Kurikulum 13.

Media

Video Detik Detik Menegangkan Sertifikasi Kelurahan Bambu Apus Bebas Jentik
« September 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30

Cuaca

Jakarta, Indonesia
JSN_PAGEBUILDER_ELEMENT_WEATHER_
26.1°C (28°C 21°C)

Go to top