Print this page

Dari Gebyar 1000 PAUD, Dindik Tangsel Bangun Karakter Generasi Emas

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangsel Taryono saat diacar Gebyar 1000 PAUD Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangsel Taryono saat diacar Gebyar 1000 PAUD Hendra

detaktangsel.com SERPONG-Beragam cara dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dalam membangun karakter generasi cerdas di kota berpenduduk 1,4 juta jiwa ini. Salah satunya, dengan menggelar lomba mewarnai dan senam bersama 1000 anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang tersebar di tujuh kecamatan Kota Tangsel.

Lomba mewarnai dan senam bersama bertajuk 'Gebyar 1000 PAUD' yang berlangsung pada hari Minggu (21/1/2018) di salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Bintaro Sektor 7, kawasan Kecamatan Pondok Aren itu, merupakan program Dindikbud Kota Tangsel yang akan diadakan setiap tahun.

"Acaranya baru kemarin (Minggu, 21/1/2018). Tujuannya adalah untuk membangun generasi cerdas dan berkarakter sehingga terhindar dari kekerasan fisik maupun seksual. Sehingga, pertumbuhan psikologis si anak tetap terjaga," kata Kepala Dindikbud Kota Tangsel, Taryono, ditemui diruang kerjanya, Senin (22/1/2018).

Taryono bilang, lomba mewarnai dan senam bersama ini, dalam rangka untuk penguatan tri sentra pendidikan sebagai upaya efektif membentuk karakter anak. Sebab, lembaga pendidikan perlu menerapkan konsep yang ada dalam tri sentra pendidikan dengan melibatkan keluarga, sekolah dan masyarakat.

"Jadi, dengan konsep tri sentra pendidikan ini, akan memperkuat keterikatan antara pihak sekolah, keluarga dan masyarakat dalam membentuk karakter," ungkapnya.

Taryono pun berharap dari ajang yang didalamnya melibatkan para orang tua tersebut, siswa bisa melakukan eksplorasi secara mandiri dibawah pengawasan guru pembimbing maupun orang tua.

Menurutnya, yang dimaksud menjadikan murid sebagai pusat proses belajar di sekolah adalah dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk melakukan eksplorasi secara mandiri dengan guru sebagai pembimbing.

"Kita ingin generasi muda di Kota Tangsel ini memiliki daya inisiatif. Untuk itu, kegiatan seperti ini akan menjadi agenda yang terus diadakan," tandasnya.