UMN Kembali Bangun Gedung Berkonsep Hemat Energi

UMN Kembali Bangun Gedung Berkonsep Hemat Energi

detaktangel.com SERPONG– Universitas Multimedia Nusantara (UMN) sebagai universitas yang peduli akan lingkungan turut berkontribusi dalam melakukan penghematan energi nasional melalui pembangunan gedung perkuliahan ke-3 yang mengusung konsep hemat energi.

Rektor UMN Dr. Ninok Leksono mengatakan, pembangunan Tower 3 yang kini telah mencapai tahapan topping off ini menjadi langkah konkrit dari UMN untuk mendukung inisiatif pemerintah dalam menghemat energi nasional. "Faktanya karena pemanasan global, semua pihak akhirnya dituntut untuk go-green," katanya saat Topping Off Tower 3 pada Jumat (26/1/2017).

Gedung berkonsep hemat energi ini, kata Ninok, UMN sebelumnya sudah membangun gedung New Media Tower dan sudah beberapa kali mendapat penghargaan sebagai gedung hemat energi dari dalam dan luar negeri.

"Seperti Gedung New Media Tower, Tower 3 juga menggunakan double skin yang memungkinkan untuk mengontrol intensitas cahaya dan panas matahari yang masuk kedalam ruangan sehingga ruangan cukup dingin dan terang. Keberadaan roof garden di beberapa lokasi tidak hanya membuat Tower 3 menjadi lebih asri tetapi juga membuat udara mejadi lebih sejuk. Lalu, cerobong-cerobong udara yang memanfaatkan perbedaan tekanan udara membuat basement nantinya tidak perlu menggunakan exhaust fan," terang Ninok.

Ketua Yayasan Multimedia Nusantara Teddy Surianto menambahkan, tower 3 digunakan untuk kegiatan belajar mengajar mahasiswa UMN.

"Tower 3 dibangun sesuai master plan induk UMN guna menampung tambahan mahasiswa UMN dan tambahan sarana perkuliahan serta laboratorium. Tahun ajaran baru 2017 UMN menambah beberapa program studi baru, antara lain program studi Perhotelan. Untuk itu, UMN mengalokasikan satu lantai khusus lengkap dengan ruang praktik mock-up kamar hotel dan food & beverage untuk menunjang sarana perkuliahan," jelasnya.

Dengan 19 lantai, ketinggian gedung yang mencapai 80 meter, dan luas total bangunan 42.500m2

Diketahui, tower 3 mampu menampung lebih dari 5 ribu mahasiswa. Selain kelas, akan ada pula beragam fasilitas lain guna menunjang mahasiswa dalam menimba ilmu di UMN. Beberapa fasilitas tersebut antara lain adalah laboratorium untuk Program Studi Teknik Informatika, Teknik Fisika, Teknik Elektro,

Arsitektur, Jurnalistik, Film & Televisi, dan Perhotelan; Lecture Theater yang mampu menampung hingga 500 orang; dan sarana olahraga indoor seperti lapangan basket, futsal, dan badminton yang terletak di lantai teratas Tower 3.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online