Network

SMPN 8 Raih Sekolah Berintegritas

detaktangsel.com SETU – Singkirkan 8000 sekolah se-Indonesia, SMP Negeri 8 Kota Tangsel meraih sekolah berintegrasi. Mendapatkan prestasi sekolah integritas merupakan hal istimewa dan luar biasa. Untuk itu, Sekolah yang berlokasi di Perumahan Puspiptek tersebut terus meningkatkan komitmennya.

Nah, untuk merayakan keberhasilannya, SMPN yang dipimpin Endang Koeswarini ini menggelar syukuran. Ini dihadiri Wakil Walikota Benyamin Davnie, Kepala Dinas Pendidikan Mathoda serta menejemen sekolah dan ratusan siswa.

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, prestasi ini membanggakan dengan mengharum nama Kota Tangsel. Apalagi, penilaian dilakukan selama lima tahun ini tanpa pemberitahuan yang dilakukan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. "Sekolah lain, harus mengikuti SMPN 8 terkait kejujuran dalam proses belajar, sehingga mendapatkan sekolah integritas," ucapnya, Senin (11/1).

Atas penghargaan ini Bang Ben (sebutan Benyamin Davnie-red)menyarankan Dinas Pendidikan untuk mengumpulkan sekolah-sekolah agar bisa mengikuti prestasi SMPN 8. "Dinas pendidikan perlu mengundang sekolah-sekolah, untuk diadakan diskusi interaktif dan tukar pikiran memperoleh sekolah integritas tersebut," terangnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangsel Mathoda, mengupayakan sekolah-sekolah negeri di Tangsel menjadi sekolah integritas seperti SMPN 8, SMPN 4 dan SMAN 2 saat ini. "Upayanya dengan melakukan pembentukan karakter sekolah integritas," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala SMPN Kota 8 Tangsel Endang Koeswarini mengaku, tidak menyangka SMPN 8 bisa memporoleh prestasi tersebut dari 80.000 sekolah jenjang SMP, SMA dan SMK. Hingga masuk ke 503 sekolah integritas masuk ke 48 sekolah. "Kita SMP negeri dari Tangsel yang terpilih satu-satunya terpilih dan kita bertemu pimpinan KPK Agus Rahardjo beserta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan saat pemberian penghargaan," ucapnya.

Rini (sapaanakrabnya Endang Koeswarini-red) menjelaskan Mendikbud Anies Baswedan menyatakan sekolah harus menjadi tempat tumbuhnya generasi yang berintegritas. Namun, integritas di dunia pendidikan ini hanya bisa diwujudkan jika seluruh pihak bergerak dan tidak mendiamkan ketidakjujuran.

Dirinya juga tidak mengetahui, penilaian dilakukan selama lima tahun, salah satu indikatornya dari hasil Ujian Nasional (UN). Kemudian pola kecurangannya. Apakah sekolah atau siswa tersebut melakukan kecurangan atau tidak. "Penilaian lima tahun tersebut secara tertutup. Ada dua penilaian kecurangan baik personal dan jamaah atau terprogram. Setelah dinilai kemendikbud, ternyata sekolah kami memiliki kejujuran tinggi sehingga mendapat penghargaan sekolah integritas," pungkasnya

« August 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31    

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Partly Cloudy
28°C (28°C 23°C)

Go to top