SMPN 4 Tangsel Satu - satunya Pelaksana UN Online di Banten

detaktangsel.com TANGSEL - Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/sederajat berlangsung hari ini (4/5). Di Banten, satu-satunya sekolah yang melaksanakan UN berbasis Computer Based Test (CBT) alias UN online yakni SMP Negeri 4 Kota Tangsel.

Sedangkan sekolah lainnya masih berbasis kertas. Pelaksanaan UN online di SMP Negeri 4 Kota Tangsel ini berdasarkan hasil verifikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terhadap sekolah yang layak melaksanakan UN online. Perangkat komputer di sekolah ini memadai dan muridnya pun terbiasa menggunakan komputer.

Kepala SMPN 4 Tangsel Rita Juwita mengungkapkan, secara mental dan perangkat, sekolahnya sudah siap. Ada 296 siswa yang akan mengikuti ujian online. "Kami sudah menyiapkan 90 unit komputer dengan tiga ruangan. Selain perangkat, mental anak-anak pun sudah siap semua," kata Rita, kemarin.

Ia berharap proses ujian online dapat mempermudah pengerjaan soal sehingga nilainya pun akan lebih baik guna melangkah ke tingkat selanjutnya.

"Siswa-siswi di sini malah seperti tertantang ingin menggunakan komputer. Kata mereka, masak hari gini masih bawa papan dan penghapus," kata Rita.

Kepala Bidang Dikdas Dinas Pendidikan Kota Tangsel TB Suradi mengatakan, ditunjuknya SMP Negeri 4 Kota Tangsel menjadi sekolah yang melaksanakan UN online ini merupakan sebuah prestise. Sebab di Kota Tangsel bahkan di Provinsi Banten, tingkat SMP hanya sekolah itu yang menggelar UN online.

"Tentunya kami sangat bangga. Sebab ini satu-satunya tingkat SMP yang melakukan ujian online," kata TB Suradi. Peserta UN tingkat SMP di Tangsel yang akan mengikuti UN ini sebanyak 14 ribuan terdiri atas 170 siswa baik SMP swasta maupun negeri.

"Dapat dimungkinkan tahun depan tak ada lagi ujian tulis. Semua menggunakan online seperti SMPN 4," tambah Suradi.

Kepala Seksi Bina SMP Dinas Pendidikan Kota Tangsel Nata menuturkan, untuk tahun ini ada sebanyak 20.555 siswa SMP/sederajat Kota Tangsel yang menjadi peserta UN selama empat hari ke depan.

Mata pelajaran yang akan diujikan antara lain, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Naskah soal dan lembar jawaban dipusatkan di enam sekolah sub rayon. Antara lain SMPN 1 Serpong, SMPN 12 Pondok Aren, SMPN 4 Pamulang, SMPN 3 Ciputat, SMPN 6 Ciputat, SMPN 11 Serpong.

Semua sub rayon akan dibuka pukul 05.30 hari ini, di mana semua sekolah dapat mengambil sendiri setiap harinya di masing-masing sub rayon. "Saya yakin UN SMP Kota Tangsel 2015 akan berjalan lancar, kami semua akan berusaha melakukan semuanya dengan baik dan benar. Pelaksanakan akan dijalankan sesuai pos-pos pelaksanaan UN," ujar Nata.

Secara keseluruhan se-Banten, tercatat ada sebanyak 203.959 peserta UN SMP/sederajat. Rinciannya, SMP diikuti 140.993 peserta, MTs diikuti 57.849 peserta, SMPLB 63 peserta, dan Paket B 5.054 peserta.

Ketua Panitia UN Banten Rukman Teddy mengatakan, pelaksanaan UN tingkat SMP ini dilaksanakan 3.782 penyelenggara pendidikan. Dengan rincian, untuk SMP akan dilaksanakan di 2.544 SMP negeri dan swasta, 921 MTs, 25 SMLB, dan 292 Paket B. D

"Persiapan UN SMP sudah oke, dan naskah juga sudah ready. Jadi prinsipnya UN SMP tinggal pelaksanaan saja, sesuai jadwal yaitu tanggal 4 Mei," kata Teddy yang juga Sekretaris Dinas Pendidikan Banten ini ketika dihubungi, Minggu (3/5).

Teddy mengatakan, untuk peserta UN SMP yang tidak bisa mengikuti UN karena sakit, maka bisa mengikuti UN susulan pada Senin (11/5) depan dengan jenis soal yang berbeda dari naskah UN yang diujikan pada Senin (4/5). "Untuk jenis soal UN SMP, sama dengan UN SMA yaitu lima jenis soal," katanya.

Dalam pedistribusian soal, kata Teddy, petugas pengantar dan penerima naskah UN hanya diijinkan untuk membongkar kardus yang berisi naskah UN yang sudah disusun rapih di dalam amplop.

"Mereka tidak diperkenankan membongkar amplopnya. Jika ada kekurangan dan kelebihan, segera lapor ke panitia," katanya.

Dalam kesempatan itu, Teddy mengimbau kepada peserta UN SMP/sederajat untuk tidak percaya terhadap tawaran yang menjual kunci jawaban UN SMP. Teddy juga berharap, agar UN SMP di Banten bisa sukses, seperti UN SMA kemarin. "Untuk ujian sekolah madrasah (SD), akan berlangsung tanggal 18 Mei mendatang," katanya.

« December 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31          

Cuaca

No cities match your search query

Go to top