Guru PAUD Diajari Kokoru

detaktangsel.com SERPONG UTARA - Untuk memberikan nilai tambah kepada masyarakat dan mensejahterakan. Puluhan guru Pendidikan Usia Dini dan Taman Baca Masyarakat (TBM) di Serpong Utara, Kota Tangsel diberikan pelatihan Kokoru.

Kokoru merupakan pelatihan dari kertas tiga dimensi untuk berkreasi dan bisa dijual, Pemkot menggandeng PT Indah Kiat Pulp And Paper.

Kabid Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, Nurhayati mengatakan pealtihan ini dapat membawa sinergi postif bagi masyarakat.

Pasalnya, pelatihan keterampilan ini untuk menambah pemasukan bagi masyarakat.

"Hasil dari kreasi kokoru dapat dijual. Kan bisa untuk tambahan penghasilan," ungkapnya, kamis (11/9).

Dikatakan untuk hasil kreasi dapat dipasarkan dengan dibantu oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (UKM).

"Nanti kita bantu untuk pemasarannya," ucapnya.

Menurutnya dengan pelatihan ini sangat bagus untuk menambah keterampilan. Karena peserta didominasi kaum ibu-ibu. Disela-sela waktu luang dapat membuat berbagai kreasi dari kertas yang diproduksi dari Kota Tangsel itu.

"Sambil iseng-iseng bisa buat kokoru. Kalau sudah jadi bisa dijual untuk menambah penghasilan keluarga," katanya.

Camat Serpong Utara, Andy Patabai mengapresiasikan kegiatan ini. Kata dia, pembuatan kreatifitas dari bahan baku kertas ini bisa menambah income rumah tangga.

"Hasilnya kan bisa dijual. Bisa untuk tambahan bumbu dapur," ucapnya.

General Manager Cooprate Social Responsibilty (CSR) PT Asia Pulp and Papaer (APP), Yuki Wardhana menuturkan keterampilan kokoru dapat dijadikan berbagai macam kreativitas. Seperti crapbook, bentuk katak, jam dinding, rumah, anjing puddle, angry birds, dan bentuk lain.

Tak hanya menjadi pajangan cantik, kertas ini pun bisa menjadi sangat fungsional seperti untuk tempat pulpen dan bingkai foto.

"Pelatihan ini nantinya bisa sebagai wadah atau sentra kreativitas untuk anak-anak. Ini juga kan produk kertas buatan Indonesia sendiri," ucapnya.

Menurutnya selain anak-anak orang tuapun bisa mengikuti pelatihan pembuatan kreasi dari kertas kokoru. Selain, itu hasilnya dapat dijual dan jadi tambahan penghasilan.

"Hasil berbagai bentuk dari kokoru ini kan bisa juga dijual. Kami berharap kokoru ini kebanggaan dari Kota Tangsel. Karena bahan bakunya diproduksi di Tangsel," terangnya.

« December 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31            

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Partly Cloudy
26.1°C (28°C 22°C)

Go to top