14 Pelajar raih Emas Olimpiade Matematika

Team Olimpiade saat tiba di Bnadara Soetta Team Olimpiade saat tiba di Bnadara Soetta

detaktangsel.com, TANGERANG - Sebanyak 14 pelajar tingkat SD, SMP dan SMA se-Indonesia berhasil meraih medali emas dalam Olimpiade International Mathematics Contest (IMC) yang digelar di Singapura 1 - 4 Agustus 2014.

Lomba yang diselengarakan ke 10 kalinya ini diikuti oleh 1.165 siswa dari 9 negara seperti China, Indonesia, Iran, Korea Selatan, Malaysia, Philipina, Singapura, Taiwan dan Thailand.

Tim Indonesia sendiri sudah mengikuti tujuh kali lomba tersebut. Tahun ini, Indonesia mengirimkan 129 siswa dari kelas 3 SD sampai kelas 11 SMA dan mereka berasal dari kota-kota seperti Denpasar, Makassar, Surabaya, Jember, Sidoarjo, Gresik, Solo, Semarang, Yogyakarta, Purwokerto Pekan baru, Bandung, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Ridwan Hasan Saputra mengatakan, prestasi tim Indonesia pada tahun ini meningkat daripada tahun sebelumnya. Mereka berhasil meningkatkan prestasi dengan memperoleh 14 medali emas, 26 medali perak, 53 medali perunggu dan 34 merit award.

"Jadi sekitar 70 persen siswa indonesia mendapat medali, sedangkan tahun kemarin hanya 50 persen siswa Indonesia yang dapat medali. Hal ini karena adanya pembinaan yang lebih baik dalam menghadapi kompetisi ini," ungkapnya saat tiba di Terminal 2 E Bandara Soekarno Hatta, Senin (4/8).

Pria yang juga menjabat sebagai Pelatih Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar ini menambahakan, kompetisi ini merupakan sarana melatih diri dan juga kesempatan mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata dunia.

"Ini bisa memacu anak agar selalu giat berusaha guna menoreh prestasi di berbagai bidang. Pemenang juga mendapat sertifikat yang diakui sejumlah sekolah sehingga kalau mau masuk ke sekolah untuk melanjutkan pendidikan bisa lebih mudah tanpa tes," jelasnya.

Salah satu pemenang medali emas, Kinantan Arya Bagaspati (13), siswa kelas I SMPN Purwokerto mengaku, banga bisa memenangkan kompetisi tersebut. Dia sudah tiga kali mengikuti kompetisi tersebut dan selalu meraih emas. Namun, menurutnya kompetisi tahun ini lebih sulit dari sebelumnya.

"Soalnya susah-susah tahun ini. Selain itu peserta dari Negara lain juga sulit, saingan yang paling sulit itu dari Cina," katanya.

Lain lagi dengan Meri Handayani (17), siswi SMAN 1 Kabupaten Tangerang yang mewakili Banten di Forum Pelajar Indonesia ke -6 2014 tingkat nasional dari 13 – 18 Agustus di Jakarta.

Setelah melakukan berbagai proses seleksi dari sekitar 1247 peserta yang mendaftar, remaja yang merupakan Duta DPR RI 2014 ini, menjadi salah satu dari 250 peserta yang lolos seleksi.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online