Network

Semangat Kartini Harus Kita Warisi

detakdepok.com - MARGONDA, anggota DPRD Jeanne Noveline Tedja mengungkapkan para perempuan hendaknya mewarisi semangat RA Kartini yang telah berjuang untuk kemajuan kaum perempuan.

"Sebagai kaum perempuan, kita harus selalu mempunyai 'Kartini Spirit' atau semangat Kartini. Bayangkan dulu RA

Kartini hidup dengan banyak keterbatasan, tidak boleh meneruskan sekolah (hanya sampai sekolah dasar), harus langsung dipingit dan dipaksa menikah dengan lelaki pilihan ayahnya, sebagai istri kesekian," ungkap Jeanne menanggapi Peringatan Hari kartini, Senin (21/4).

Dengan keterbatasan itu, dia bersama saudara-saudaranya mendirikan sekolah dan mendidik anak-anak perempuan di rumahnya. Menurut sejarah, dia menghabiskan waktu selama dipingit dengan banyak membaca buku dan jurnal.

Bahkan berkoresponden dengan para praktisi feminist di negara lain, berbagi pengalaman dan menuangkan ide. RA Kartini bahkan melakukan pemberdayaan ekonomi bagi pengrajin-perajin kayu di Jepara kala itu.

Dengan kondisi sekarang yang lebih mudah dan lebih luas kesempatannya, ia mengatakan, seharusnya semangat kaum perempuan untuk maju berlipat ganda.

"Nah bila dibandingkan sekarang, di mana kesempatan untuk perempuan sudah terbuka lebar baik untuk berpendidikan, berkarir, dan berorganisasi, seharusnya semangat kita harus berlipat ganda. Kita punya banyak sekali kesempatan dan sumber daya untuk berkarya, dan akan sayang sekali bila tidak dimanfaatkan," tutur Jeanne yang juga yang juga kandidat Doktor Ilmu Kesejahteraan Sosial di Universitas Indonesia.

« June 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Scattered Clouds
29°C (29°C 24°C)

Go to top