Camat Cinere imbau Setiap RW Punya Bank Sampah

Kecamatan Cinere Kecamatan Cinere

detakdepok.com - CINERE, Menyikapi pesan Deklarasi Depok Peduli Sampah yang dikumandangkan Walikota Depok, Camat Cinere Asloe'ah Madjri mengimbau setiap RW mendirikan atau membentuk bank sampah. Menurut pria yang biasa disapa Lulu ini, keberadaan bank sampah berguna sebagai salah satu cara meminimalisir penumpukan sampah di tempat penampungan sampah (TPS). "Bank sampah dapat menjadi sumber pendapatan keluarga," tuturnya, Kamis (13/3).


Dari sekitar 42 RW di Kecamatan Cinere, ia menambahkan, saat ini baru ada sekitar 15 bank sampah. Ini berarti masih banyak RW yang belum memiliki bank sampah. Ia mengimbau para pengurus RW untuk mendirikan bank sampah, minimal satu unit di setiap RW.


Ia menargetkan seluruh RW di Kecamatan Cinere sudah mempunyai bank sampah pada 2014.
"Kita akan bentuk tim di setiap RW. Insya Allah tahun ini semua RW sudah punya bank sampah masing - masing," tambahnya.


Bank sampah menjadi sebuah strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat berkawan dengan sampah guna memperoleh manfaat ekonomi langsung. Dengan demikian, bank sampah tak dapat berdiri sendiri. Tetapi harus diintegrasikan dengan gerakan 4R (reduce, reuse, recycle, dan refuse). Sehingga manfaatnya langsung dirasakan tak hanya ekonomi, melainkan juga pembangunan lingkungan yang bersih, hijau, dan sehat. (Dan)

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online