Walikota – Menhut Rayakan Hari Hutan Internasional

Walikota – Menhut Rayakan Hari Hutan Internasional Walikota – Menhut Rayakan Hari Hutan Internasional

detakdepok.com- CIBINONG, Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail menghadiri Hari Bakti Rimbawan dan Hari Hutan Internasional Tahun 2014 di Sepadan Sungai Cikupa, Cibinong, Bogor, Rabu (12/3).

Kegiatan yang mengusung tema 'Dengan Semangat Bakti Rimbawan, Kita Tingkatkan Soliditas Menuju Kehutanan Baru' ini dihadiri Sekertaris Jendral Kementerian Kehutanan Hadi Daryanto, Bupati Bogor Rahmat Yasin, Duta Besar Rusia, Norwegia, serta 100 undangan lainnya.


Kegiatan ini bertujuan untuk menggelorakan semangat gerakan penanaman pohon. Luas lahan untuk penanaman seluas 2 hektar dengan 1600 pohon yang terdiri atas 30 jenis, seperti mahoni dan gadaria.


Dalam kegiatan ini juga akan diberikan 2000 bibit pohon secara gratis, bantuan program kebun bibit raya, dan pengobatan gratis, serta 400 paket sembako. Dengan kegiatan ini, Bupati Bogor Rahmat Yasin mengatakan, pemerintah dan masyarakat menunjukkan satu sikap terhadap upaya mencintai lingkungan. Karena, semua pihak harus mengakui bahwa menanam pohon itu merupakan usaha untuk membayar utang terhadap lingkungan.

"Tanamlah pohon sebanyak-banyaknya supaya bisa memberikan keseimbangan bagi tanah dan air. Dengan kegiatan ini, Saya berharap kita tidak hanya menanam, melainkan juga menyiram dan memelihara hingga tumbuh menjadi sebuah pohon yang dapat menjadi penciptaan hutan baru," tegas Rahmat Yasin.


Sementara Walikota Depok menyatakan, kegiatan ini sangat baik sekali bagi para rimbawan. Yaitu orang-orang yang peduli terhadap kehutanan dan konservasi hutan. "Semoga kegiatan menanam ini akan menjadi semangat dan spirit bagi warga bangsa Indonesia yang dapat terus meningkatkan arti penanaman dan konservasi hutan kita. Bukan hanya di wilayah yang terbuka seperti ini juga di kawasan-kawasan perkotaan hendaknya diperkuat secara sinergis untuk penananam," sambung Nur Mahmudi Ismail.


Pemerintah Kota Depok telah mengungkapkan kepada Kementerian Kehutanan untuk bersama-sama berkolaborasi membangun arboretum Indonesia di Kota Depok. Kementerian Kehutanan sangat antusias, kooperatif, dan mendukung sekali. Karena kegiatan ini merupakan ekspresi kesungguhan dari komunitas Indonesia untuk betul - betul melakukan konservasi tanaman-tanaman yang ada di Indonesia.


Apalagi, tandasnya, dikerjakan di kota. Sehingga akan memotivasi banyak masyarakat untuk melakukan penanaman.


"Depok akan berinisiatif dan berkolaborasi dengan Kementerian Kehutanan sebagai pakar tentang botani untuk melakukan penanaman berbagai jenis macam tanaman," ungkapnya. (dan)

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online