Print this page

Pemkot Tangsel Gelar Pameran Eksport Internasional Tingkat Provinsi Banten

Pemkot Tangsel Gelar Pameran Eksport Internasional Tingkat Provinsi Banten

detaktangsel.com CIPUTAT--Pemerintah Kota Tangerang selatan (Tangsel) menggelar peringatan hari UMKM Internasional ke-3 tahun 2019 tingkat Provinsi Banten berupa pameran eksport internasional dan workshop bertempat di Plaza Rakyat Puspemkot Tangsel, Ciputat, Senin (17/6).

Ketua Panitia penyelenggara International Council For Small Business (ICSB) tingkat Provinsi Banten yang sekaligus Asisten Daerah 2 Retno Prawati menjelaskan, kegiatan ini mengambil tema strategi pengembangan produk-produk unggulan UMKM potensi eksport.

Peringatan hari UMKM Internasional yang ke-3 tingkat Provinsi Banten ini diikuti dari unsur pengurus ICSB se Provinsi Banten, pelaku usaha UMKM se-Provinsi Banten, yang diutamakan berpotensi eksport dari pemerintah Kabupaten/Kota serta unsur masyarakat dan dunia usaha.

"Kegiatan ini diikuti oleh partisipan dari tujuh Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten, serta workshop yang diselenggarakan di lantai 4 Gedung Puspemkot yang diikuti sebanyak 250 peserta," ungkapnya.

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum ini menjelaskan, kegiatan ini untuk meningkatkan semangat pemberdayaan dan motivasi terhadap UMKM di tanah air sekaligus meningkatkan kepedulian atau awareness masyarakat terhadap hari UMKM Internasional.

Ketua ICSB Provinsi Banten, Airin Rachmi Diany, mengatakan, ICSB merupakan organisasi non-profit internasional yang memiliki perhatian pada pendidikan, penelitian, serta pertukaran ide untuk mengembangkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah dunia yang telah berdiri sejak tahun 1955, dengan keanggotaan di 85 negara. Di Indonesia sendiri ICSB mulai aktif sebagai bagian dari organisasi globak tersebut sejak tahun 2015 dibawah inisiatif Menteri Koperasi dan UKM A.A.G.N Puspayoga dan Founder serta chairman
Markplus Hermawan Kerta jaya. ICSB Indonesia memposisikan dirinya sebagai payung bagi organisasi, komunitas serta gerakan lain yang memiliki perhatian terhadap pengembangan UMKM di Indonesia.

Sebagai organisasu dengan reputasi Internasional, ICSB memiliki agenda rutin tahunan berupa acara-acara diskusi panel seputar kewirausahaan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka ICSB Provinsi Banten menyelenggarakan workshop dan pameran dengan tema strategi pengembangan produk-produk unggulan UMKM Potensi Eksport.

"Saya berharap acara ini dapat meningkatkan pemahaman dan mengembangkan ide-ide para pengurus ICSB dan pelaku UMKM menuju tingkat dunia. Dan bertujuan untuk meningkatkan semangat pemberdayaan terhadap UMKM di tanah air," harapnya.

Sementara itu berbagai produk dari tujuh Kabupaten/Kota dipamerkan di Plaza Rakyat dari mulai tas, sepatu, produk makanan bahkan produk dari bahan bekas jadi lampu pun ada di pameran tersebut.