Badan Kesbangpolinmas Tangsel Berikan Pendidikan Politik Pada Masyarakat

Badan Kesbangpolinmas Tangsel Berikan Pendidikan Politik Pada Masyarakat

detaktangsel.com CIPUTAT - Guna memberikan pemahaman politik, Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar penyelenggaraan pendidikan politik kepada masyarakat di Aula Yayasan Darussalam, Ciputat, Kota Tangsel, Selasa(07/07/2015).

Dalam kesempatan tersebut, Badan Kesbangpolinmas Kota Tangsel menghadirkan beberapa pemateri yang berkompeten dibidangnya. Seperti terlihat dalam acara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel dan Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Kepala Daerah (Panwaskada) Kota Tangsel.

Dalam penyampaian materi Ketua KPU Kota Tangsel menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam berpolitik, baik secara aturan maupun pelaksanaannya. Dirinya juga menyebutkan dalam penyelenggaraan pilkada masyarakat untuk cerdas dalam memilih pemimpin yang akan datang dan menolak adanya politik uang karena hal tersebut merusak intergritas diri.

"Ada tiga dalam Pilkada, pertama penyelenggara, tanpa penyelenggara maka tidak ada yang mempersiapkan segala bentuk teknisnya. Kedua, calonnya, dan ketiga, pemilih. Semua adalah penting untuk saling mengisi agar terselenggaranya Pilkada, namun tentunya ada aturan yang meski diikuti yaitu aturan tentang Pilkada. Jangan sampai tidak tahu aturan akhirnya menghalalkan segala cara dalam politik seperti politik uang," kata M. Subhan, Ketua KPU Kota Tangsel.

Senada dengan Ketua Panwaskada Kota Tangsel Taufik MZ, dirinya mengatakan menjaga intergritas itu hal yang utama, dengan itu dipastikan Pilkada mendatang akan berjalan dengan bersih, jujur, dan adil. Maka itu diperlukan juga partisipasi masyarakat dapat membantu menjaga berjalannya politik pilkada dengan sesuai aturan.

"Makanya masyarakat juga dapat membantu untuk mengawasi Pilkada bila adanya kecurangan dalam Pilkada segera masyarakat dapat melaporkannya ke Panwas Kota Tangsel," terangnya.

Sementara, Kepala Badan Kesbangpolinmas Kota Tangsel mengatakan, acara yang diselenggarakan adalah upaya dan kewajiban Pemkot Tangsel untuk memberikan pembinaan kepada masyarakat tentang politik.

"Ini adalah salahsatu program Kesbangpolinmas untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait politik apalagi menjelang Pilkada, masyarakat harus tahu bagaimana politik bersih," ujar Kepala Badan Kesbangpolinmas Kota Tangsel Salman Faris.

diketahui, dalam acara tersebut turut hadir potensi pemilih pemula, Organisasi Masyarakat (Ormas), Organisasi Kepemudaan (OKP), Tokoh masyarakat, Mahasiswa,dan elemen masyarakat lainnya.

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online