Kelurahan Serua Punya Program Tarling Tersendiri

Ilustrasi Ilustrasi

detaktangsel.com CIPUTAT - Terlepas dari program Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) yakni Walikota Tangsel bersama jajarannya yang mengadakan kegiatan Tarawih keliling (Tarling) selama di bulan Suci Ramadhan. Kelurahan Serua, Kecamatan Ciputat juga punya program kegiatan Tarling tersendiri yang dilakukan setiap hari di tingkat RW (Rukun Warga) di Kelurahan Serua. Hal ini dikatakan langsung oleh Lurah Serua Tomy Patria Edwardy saat ditemuinya di Kantor Kelurahan Serua, Kamis (02/07/2015).

"Progam Kelurahan yang hanya satu satunya mengadakan Tarling, hanya kelurahan Serua ke-24 RW yang terdiri 158 RT. Setiap malam dilakukannya dengan bergiliran malam ganjil genap, dan itu pun terlepas dari program Walikota," kata Tomy.

Dirinya memaparkan program Tarling yang dilakukan di Kelurahannya sebagai kesadaran dirinya dan jajaran bawahannya untuk lebih dekat lagi kepada masyarakat sekitar apalagi dibarengi dengan adanya momentum Ramadhan sebagai investasi amal kebaikan.

"Kapan lagi kita dapat bertemu dengan masyarakat melalui Tarling. Dalam satu minggu bisa 4 kali yang saya lakukan. Kapan lagi saya bisa bermuhasabah kepada warga ke Masjid Masjid. Melalui wadah masjid juga disana kita dapat memberikan yang bermanfaat dan mendengarkan keluhan masyarakat langsung sehingga keluhan masyarakat tidak keluar ke forum yang diluar pemerintah." paparnya.

Kegiatan Tarling yang diterapkan memang tak berbeda dengan kegiatan Tarling yang dilakukan oleh Walikota Tangsel dari awal berbuka puasa bersama hingga menjalankan ibadah salat Terawih, namun fasilitas yang diberikan untuk acara itu, terkadang Lurah Serua yakni Tomy harus merogoh kantong sendiri. Pasalnya, dirinya mengakui anggaran Kelurahan sangat minim meskipun ada itu sudah diatur dalam anggaran di Kecamatan.

"Kalau saya menganggap kegiatan berjalan hanya terpaku dari anggaran, maka saya harus berkreasi, karena kita ketahui notabennya Kelurahan tidak memiliki anggaran satu rupiah pun yang ada kelurahan hanya dapat fasilitas berupa fisik dari pemerintah. Namun saya menikmati pekerjaan ini dan semua bisa berjalan dengan niat baik yang hasilnya akan baik, inilah seninya memimpin," ujarnya sambil tersenyum.

Diungkapkannya, kegiatan Tarling yang dilakukannya akan dilaksanakannya hingga memasuki masa cuti bersama dikalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online