GP Anshor Mengadakan Sosialisasi Cegah Paham Radikal

Airin Rachmi Diany menghadiri acara Sosialisasi Pencegahan Paham Radikal di Ciputat Airin Rachmi Diany menghadiri acara Sosialisasi Pencegahan Paham Radikal di Ciputat

Detaktangsel.com CIPUTAT - Beberapa waktu lalu Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) merilis beberapa wilayah yang masuk ke dalam zona merah bahaya paham radikalisme. Salah satu daerah yang tercatat rawan penyebaran paham radikal adalah Kota Tangerang Selatan, Banten. Atas dasar itulah Gerakan Pemuda Anshor mengadakan seminar Strategi Pencegahan Radikalisme Islam di Kalangan Pemuda di Aula Kopertais, Ciputat, Tangsel, Jumat (1/5/2015).

Di lokasi, Airin tidak lama, dirinya hanya menyampaikan kata sambutan sekitar 20 menit. Dalam sambutannya itu, Airin berharap GP Anshor bisa menjadi wadah sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat Tangsel atas bahaya Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan, sosialisasi yang dilakukan GP Anshor sangat membantu aparatur negara dalam mencegah paham radikal, seperti kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Kota Tangsel. "Kita tahu jaringan ISIS sudah menyebar di Tangsel, selain Polisi dan TNI, kita juga butuh kalangan seperti GP Anshor," katanya.

Kemudian, Airin menyampaikan dukungannya terhadap GP Anshor dalam upaya mencegah radikalisme di Tangsel. "Tujuan mereka (GP Anshor) bagus, yang seperti itu harus kita support," ujar Airin.

Sementara itu, Pengamat Intelijen Wawan Hari Purwanto mengatakan keberadaan ISIS saat ini mengancam generasi muda. Bahkan menurut Wawan beberapa tokoh di Indonesia sudah ada yang menyatakan diri mendukung ISIS. "Kita Khawatir nantinya ada gesekan sesama umat Islam di Indonesia," katanya.

Pemerintah dan instansi terkait, kata Wawan, bisa bekerjasama dan menempuh langkah-langkah hukum untuk mengantisipasi ancaman ISIS tersebut. Pemerintah juga harus memberikan pendidikan atau program re-edukasi kepada masyarakat. "Re-edukasi diharapkan nantinya masyarakat lebih waspada dan kritis terhadap bahaya ekstrimisme dan radikalisme," imbuhnya.

« November 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  

Cuaca

No cities match your search query

Go to top