Print this page

Karang Taruna Kelurahan Ciputat, Cegah Covid-19 Semprot Disinfektan di Permukiman Warga

Karang Taruna Kelurahan Ciputat, Cegah Covid-19 Semprot Disinfektan di Permukiman Warga

detaktangsel.com TANGSEL - Dalam upaya membantu Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) guna meminimalisir penyebaran wabah Virus Covid-19, Karang Taruna Kelurahan Ciputat secara swadaya melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan pemukiman warga, Sabtu (28/3/2020).

Penyemprotan dilakukan di area fasilitas umum seperti jalan umum, pos ronda, sarana ibadah. Bukan hanya itu penyemprotan juga dilakukan ke pemukiman rumah warga.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Ciputat, Arpan Rifai, mengatakan, penyemprotan adalah langkah inisiatif yang diambil oleh pemuda dalam menghadapi wabah virus covid-19, penyemprotan dilakukan di tempat-tempat fasilitas umum dan dipemukiman warga yang berada di kelurahan Ciputat.

Karang Taruna Kelurahan Ciputat Cegah Covid 19 Semprot Disinfektan di Permukiman Warga 1

"Ini inisiatif kita bersama sebagai langkah preventif, karena dalam bencana musibah seperti ini, semua pihak harus bekerjasama apalagi kita sebagai pemuda harus terjun langsung membantu masyarakat," Kata Arpan, sapaan akrabnya.

"Kita akan membuka Posko Penanggulangan Covid-19, disitu nanti kita akan berikan sumber informasi, melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, agar masyarakat bisa tau bahaya dari virus Covid-19," lanjutnya.

Arpan mengungkapkan, dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Covid-19, pihaknya juga akan bekerjasama dengan pihak Puskesmas.

"Nanti kita akan kerjasama dengan pihak Puskesmas, kita berharap nanti Puskesmas itu memberikan timnya untuk masuk ke tingkat-tingkat RW dan RT untuk melakukan pengecekan," ungkapnya.

Dalam melakukan penyemprotan disinfektan, Arpan mengatakan cairan yang digunakan tersebut didapat dari hasil kerjasama dengan Laboratorium SMA Negeri 1 Kota Tangsel.

"Untuk cairan kita dapat dari hasil kerjasama dengan SMA 1, kebetulan dia guru Kimia, kita dikasih sekitar 100 liter untuk kegiatan penyemprotan saat ini," tandasnya.

Untuk alat yang digunakan, Arpan mengatakan, para pemuda mendapatkan bantuan dari Lurah Ciputat, bapak H.rusli.sos. sebagai bentuk dukungan kepada para pemuda.

"Untuk alat, kebetulan kita dapat bantuan dari pak Lurah, beliau membelikan mesin semprot elektrik untuk membantu pemuda melakukan penyemprotan cairam disinfektan," pungkasnya.