Dinkes Gelar Jambore UKS, Pelajar Jadi Kader Kesehatan di Sekolah

detaktangsel.com CIPUTAT TIMUR – Untuk memberika kesehatan sejak dini, Dinas Kesehatan menggelar jambore unit kesehatan sekolah (UKS) tingkat sekolah. Peserta ini diharapkan dapat menjadi kader kesehatan dilingkungan sekolah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Suharno mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada anak didik di bidang kesehatan.

"UKS harus terus ditingkatkan agar dapat menbentuk sekolah yang sehat dan pelajar yang berkualitas. Dengan belajar kesehatan dan pembinaan kesehatan sejak dini maka mendorong anak didik untuk mengikuti proses belajar dan mengajar dengan baik," ungkapnya saat embukaan kegiatan Jambore UKS di Gedung Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Ciputat Timur, Selasa (17/5).

Kata dia, melalui kegiatan ini berharap dapat membangun karakter anak yang berkualitas dan berakhlak mulia serta mendorong tumbuh kembang anak sehat dan berprestasi. "Anak-anak sejak dini dilibatkan untuk memberikan kontribusi positif dalam pembangunan kesehatan," katanya.

Menurutnya, Jambore UKS juga untuk mencari bibit bakal calon pemerhati kesehatan, menyiapkan kader kesehatan dari seluruh tingkatan sekolah, meningkatkan potensi peran dokter kecil dan KKR, serta pengetahuan dan ketrampilan, tentang kesehatan di sekolah. Ini selaras dengan tujuan UKS, yakni meningkatkan kemampuan perilaku hidup bersih dan sehat. "Bagi pememang lomba di tingkat Kota Tangsel, nantinya mereka akan dikirimkan ke Jambore UKS tingkat Provinsi Banten. Harapannya, yang terbaik lah yang akan mewakili Kota Tangsel nantinya," terangnya.

Sementara Kepala Bidang Promosi dan Sumber Daya Kesehatan (SDK) pada Dinas Kesehatan Kota Tangsel Iin Sofiawati mengatakan, kalangan sekolah agar dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di masing-masing sekolah guna meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak didik. "Jambore UKS ini dapat membina anak didik supaya hidup sehat. Sehingga mereka dapat dengan mudah menimba ilmu," terangnya.

Menurutnya, ajang ini dapat meningkatkan pengetahuan bagi anak didik di bidang kesehatan, dan juga sebagai pendorong untuk terus meningkatkan kehidupan yang lebih baik di bidang kesehatan. "Sejak dini kita ajari untuk menjaga kebersihan dan prilaki hidup bersih dan sehat (PHBS)," ucapnya.

Kata dia, kegiatan ini untuk menyiapkan kader kesehatan dari seluruh tingkatan sekolah dan meningkatkan pengetahuan serta ketrampilan tentang kesehatan di sekolah, karena kesehatan sangatlah penting untuk sehat bisa dimulai dengan pola hidup yang sehat pula. "Saya harap kader UKS untuk lebih kreatif. Bahkan bisa juga sebagai evaluasi untuk mengubah pola hidup menjadi sehat," terannya.

Melalui kegiatan itu, Iin berharap perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dapat tertanam sejak dini. Apalagi ia mengaku sudah sebagian besar sekolah di Kota Tangsel ini menjalankan UKS. "Kader UKS ini nantinya yang akan menjadi agen di sekolah masing-masing, khususnya untuk menerapkan PHBS kepada warga sekolah," tandasnya.

Salah seorang peserta Wibisono mengaku, ilmu pengetahuan dan pengalaman yang didapat dalam Jambore UKS ini sangatlah penting. "Pengetahuan tentang kesehatan sangat penting untuk kehidupan," ujarnya.

Pada Jambore UKS ini ini terdapat lima kategori yang dilombakan. Yakni lomba cerdas cermat, story telling, poster, KKR dan dokter kecil.

« February 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28        

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Partly Cloudy
28°C (28°C 25°C)

Go to top